Tips Menulis Artikel Ulasan Produk Yang Jujur Tapi Tidak Menjatuhkan

Tips menulis artikel ulasan produk atau sering juga disebut sebagai artikel review perlu trik tertentu agar nyaman untuk semua pihak.
Sering ya kita sebelum membeli produk atau akan booking sebuah hotel, mencari terlebih dahulu ulasan produk atau jasa yang ditawarkan.

Sebagai konsumen, sering mengandalkan ulasan produk untuk memberikan wawasan tentang kualitas, fungsi, dan kegunaan produk atau layanan. Dengan menulis ulasan produk sendiri, kalian dapat berbagi informasi dari pengalaman sendiri yang akan berkontribusi pada kumpulan komentar evaluatif yang lebih besar yang sudah ada.

Kontribusi seperti itu bukan sekadar pesan penjualan untuk mempromosikan produk yang disukai; sebagai gantinya, tinjauan produk yang seimbang akan menunjukkan pro dan kontra dari produk atau layanan tertentu. Ulasan produk membantu pembaca untuk menentukan apakah produk tersebut tepat untuk mereka atau tidak.

Langkah-langkah berikut dapat membantu kalian dalam menulis ulasan produk yang ringkas dan jujur:

Gunakan produk atau layanan

Ini mungkin tampak seperti langkah pertama yang jelas, tetapi pembaca biasanya dapat mengidentifikasi apakah pengulas benar-benar menggunakan produk atau tidak.
Bila seseorang menuliskan ulasan ternyata tidak dicoba sendiri tetapi hanya mengandalkan ulasan orang lain, maka kredibilitas penulis langsung hilang.

Dalam artikel ulasan produk, jika mungkin, berikan bukti bahwa kita benar-benar menggunakan produk tersebut, seperti foto atau video. Proses peninjauan produk dibangun di atas kepercayaan antara pengulas dan pembaca, dan setiap ulasan yang ditulis harus dibuat dengan mempertimbangkan hal ini.

Cari forum untuk menulis artikel ulasan produk

Gunakan forum yang tepat agar ulasan produk dapat sampai ke pembaca. Misalnya menulis di blog atau situs, melalui Instagram, Facebook, Youtube dan link media sosial lainnya.

Selain itu seringkali brand juga mengeluarkan link untuk tanya-jawab produk dan memberikan tempat bagi konsumen yang sudah mencoba suatu produk untuk menyampaikan pengalaman mereka. Biasanya website produk-produk kosmetik dan perawatan kecantikan menawarkan peluang seperti ini.

Tentu saja menulis ulasan produk tidak terbatas pada produk-produk kecantikan atau perawatan kecantikan saja, review film juga bisa menjadi peluang untuk memberikan informasi tentang film atau tontonan lainnya.

Identifikasi masalah dan janjinya

Sebagai kata pengantar sebaiknya kita memasukkan dua informasi penting, yaitu:

Pertama, pertimbangkan pembaca kalian dan masalah yang mungkin dihadapi. Jika seseorang telah meluangkan waktu untuk memeriksa ulasan kita, maka dia pasti menghadapi masalah yang membutuhkan bantuan.
Misalnya, pembaca mungkin seorang pemula yang mempelajari hobi baru, akan melakukan perjalanan ke suatu tempat, booking hotel, dan lain-lain.

Kedua, kalian perlu menguraikan janji yang dibuat secara implisit oleh produk kepada konsumen.

Contoh:

Jika kalian meninjau peralatan kamera, maka kita perlu mengidentifikasi klaim yang dibuat oleh pabrikan:

Lensa kamera ZoomPro 2000 baru yang revolusioner menjanjikan untuk membuat pemotretan aksi siang dan malam hari lebih sederhana dan terlihat profesional, memberikan fotografer pemula dengan alasan baru dan menarik untuk mengasah keterampilan mereka

Pengenalan ulasan kita perlu dengan cepat melibatkan pembaca dengan deskripsi alasannya mencari produk jenis ini dan pernyataan janji produk kepada konsumen.

Deskripsikan produk

Dalam isi artikel ulasan produk, kita perlu mencakup beberapa informasi dasar namun penting:

Jelaskan apa yang dilakukan produk atau layanan yang dipilih. Ingatlah untuk menjadi spesifik.
Sertakan detail praktis seperti harga, ukuran, masa simpan, dll.
Pastikan juga untuk mengidentifikasi target demografis dan manfaat demografi item ini.

Bisa juga ulasan kita menawarkan alternatif untuk produk yang dipilih. Penyertaan pembanding seperti ini perlu kehati-hatian dalam menuliskan kalimatnya, agar tidak menjatuhkan satu sama lain.

Berikan vonis di artikel ulasan produk

Tentu saja maksudnya berikan vonis di sini bukanlah suatu vonis yang menjelekkan produk. Pakailah bahasa yang baik dan sopan. Tunjukkan kepada pembaca, menurut perkiraan hasil review produk, produsen memenuhi janjinya atau tidak.

Seimbangkan dalam evaluasi kalian tentang pro dan kontra produk, suka dan tidak suka, tetapi ingat bahwa pembaca mengandalkan, setidaknya sebagian, pada kejujuran rekomendasi kita.

Penutup

Kalian bisa menawarkan pernyataan sumatif dan evaluatif yang menunjukkan apakah kita yakin produk tersebut menawarkan nilai yang baik atau tidak.

Tinjauan produk yang baik dapat menawarkan informasi berharga yang telah diuji oleh pengguna yang memberikan panduan dan wawasan kepada konsumen. Ingatlah untuk jujur, bijaksana, dan spesifik dalam ulasan kalian, dengan demikian artikel kita kemungkinan besar disukai oleh pengunjung.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar