Tempat Wisata Danau Toba, Tempat Melepas Penat Berhawa Sejuk

Tempat wisata di Danau Toba sekarang ini menjadi potensi mendatangkan turis Indonesia maupun mancanegara. Hal ini disebabkan Danau Toba di Sumatera Utara terpilih menjadi salah satu dari percepatan pembangunan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas, bersama Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) dan Likupang (Sulawesi Utara).

Ketika hal tersebut dicanangkan maka berbagai harapan tertumpu pada kawasan wisata ini. Percepatan infrastruktur dilaksanakan, termasuk membangun jalan tol, perbaikan pelabuhan, membangun hotel, dan lain sebagainya. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sendiri yang menyatakan bahwa sektor ekonomi kreatif mempunyai potensi besar menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia ke depan.
Artinya ke 5 destinasi pariwisata super prioritas tersebut diharapkan memberi kontribusi besar dalam perekonomian tanah air. Langkah selanjutnya adalah membangun creative hub sebagai ruang berkreasi bagi masyarakat lokal setempat sekaligus akan menjadi media dalam menciptakan kemandirian ekonomi daerah.

Kreatifitas Sebagai Tempat Wisata di Danau Toba

Seperti kita ketahui ada 17 subsektor ekonomi kreatif yang dimiliki Indonesia yakni; arsitektur, desain interior, desain-komunikasi-visual (DKV), desain produk, fashion, film-animasi-video, fotografi periklanan, kerajinan (kriya), kuliner, musik, aplikasi, pengembangan permainan, penerbitan, periklanan, tv dan radio, seni pertunjukkan, dan seni rupa.
Danau Toba merupakan destinasi wisata yang memiliki tiga produk, yaitu destinasi alam (nature), budaya (culture), dan buatan manusia (man-made). Destinasi alam dan atraksi budaya saat ini belum bisa kita kunjungi, tetapi produk setempat dan potensi wisata masih bisa tetap kita promosikan. Dengan melibatkan jejaring pelaku ekonomi kreatif, bisa mulai mengasah kreativitas menggali potensi buatan manusia mulai dari kriya hingga makanan. Produk-produk setempat bisa dipromosikan melalui komunikasi jaringan, seperti Youtube, Instagram, Facebook, melakukan pelatihan dengan webinar, dan lain sebagainya.

Potensi Wisata Danau Toba

Danau Toba (atau Tao Toba) adalah danau alami berukuran besar di Indonesia yang berada di kaldera Gunung Supervulkan. Danau ini memiliki panjang 100 kilometer (62 mil), lebar 30 kilometer (19 mil), dan kedalaman 505 meter (1657 ft).
Danau ini terletak di tengah pulau Sumatra bagian utara dengan ketinggian permukaan sekitar 900 meter (2953 ft). Danau ini membentang dari 2.88°N 98.52°E sampai 2.35°N 99.1°E. Ini adalah danau terbesar di Indonesia dan danau vulkanik terbesar di dunia.

Adapun potensi wisata Danau Toba berupa keindahan alam pegunungan, danau, air terjun, dan perkebunan juga terdapat potensi wisata budaya dan adat istiadat.
Bahkan baru-baru ini Danau Toba telah ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark dalam sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis pada 2 Juli 2020 yang lalu.

Ditambah dengan penetapan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas, maka tak heran berbagai pembenahan dilakukan di wilayah Danau Toba dan sekitarnya.

Objek Wisata apa saja yang terdapat di Danau Toba?

Berikut adalah objek wisata yang ada di sekitar Danau Toba:

 

air terjun sipiso-piso

air terjun Sipiso-piso, sumber: Wikipedia

 

  • Air Terjun Situmurun
  • Air Terjun Sipiso-piso
  • Bukit Holbung
  • Menara Pandang Tele
  • Bukit Gibeon
  • Bukit Indah Simarjarunjung
  • Air Terjun Efrata
  • Taman Eden 100
  • Desa Wisata Tomok

Penutup

Setelah dua tahun dunia dilanda pandemi yang berimbas pada sektor pariwisata, maka sekarang saatnya bangkit kembali. Apalagi dengan kebijakan bahwa perjalanan dengan transportasi umum tidak perlu lagi disertai tes antigen atau PCR dan pandemi berangsur-angsur mereda. Tentu saja kebijakan ini disambut gembira oleh pelaku ekonomi kreatif termasuk pariwisata dan tentu saja berbagai operator obyek-obyek wisata di Indonesia.

Diharapkan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar Danau Toba bersiap menyambut kedatangan turis-turis dengan disertai layanan akomodasi, transportasi, infrastruktur, penataan obyek hingga penyiapan kuliner khas Sumatera Utara.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar