Zulkifli Hasan Jadi Ketua MPR

Zulkifli Hasan, Foto : Ist
Zulkifli Hasan, Foto : Ist

JAKARTA, inibangsaku.com – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akhirnya secara resmi terpilih sebagai Ketua Majelis Musyawarah Rakyat (MPR). Zulkifli terpilih sebagai pucuk pimpinan MPR setelah berhasil memenangkan voting (suara terbanyak).

Pemilihan Ketua MPR RI sendiri berlangsung dengan alot dan ketat. Setidaknya ada dua kubu yang bersaing ketat dalam proseisi pemilihan Ketua MPR RI, yaitu Koalisi Merah-Putih (KMP) yang didukung lima partai politik dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) yang dimotori Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Paket pimpinan yang diusung partai Koalisi Indonesia Hebat, yang dinamakan Paket A, terdiri dari Calon Ketua MPR Oesman Sapta Odang yang berasal dari DPD, dan empat Calon Wakil Ketua yakni Ahmad Basarah dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Imam Nahrawi dari Partai Kebangkitan Bangsa, Patrice Rio Capella dari Partai Nasdem, dan Hazrul Azhar dari Partai Persatuan Pembangunan.

Sedangkan Koalisi Merah Putih (KMP) mengajukan paket B yang terdiri dari Calon Ketua MPR Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional, dan empat Calon Wakil Ketua Mahyudin dari Partai Golkar, EE Mangindaan dari Partai Demokrat, Hidayat Nur Wahid dari Partai Keadilan Sejahtera, dan juga Wakil Ketua Oesman Sapta Odang dari DPD.

Paket pimpinan MPR yang diusung KMP (Paket B) memperoleh suara 347, sedangkan Paket A dari Koalisi Indonesia Hebat (KIH) memperoleh suara 330, sisanya 1 suara abstain. Proses penghitungan suara yang dilakukan hingga Rabu (8/10) dini hari berlangsung ketat dan terjadi kejar-kejaran suara yang menegangkan. Adapun jumlah anggota MPR RI yang memberikan suara untuk memili Ketua MRP RI sebanyak 678 anggota. (IB/ Marcopolo).

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Zulkifli Hasan Jadi Ketua MPR”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<