Yusril Tidak Persoalkan Jaksa Agung Berlatar Belakang Politisi

168894_620

JAKARTA, inibangsaku.com – Pakar Hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra (YIM) menilai sikap Presiden Joko Widodo yang memilih Politisi Partai NasDem HM. Prasetyo sebagai Jaksa Agung sama sekali tidak melanggar hukum. 

Meski terpilih sebagai anggota DPR RI periode 2014-2019, HM Prasetyo masih bisa mengundurkan sebelum dilantik sebagai Jaksa Agung. 

“Jadi tidak  akan ada rangkap jabatan bagi yang bersangkutan. Seorang pensiunan jaksa dan anggota parpol bisa saja dilantik jadi  Jaksa Agung dan itu tidak  melanggar undang-undang,” kata YIM dalam keterangan persnya kepada redaksi, Kamis (20/11).  

Mantan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) menambahkan kalau persoalan apakah Prasetyo adalah figur yang  tepat untuk diangkat sebagai  Jaksa agung, YIM enggan berkomtar.  

“Saya tidak  mau komentari karena hal itu adalah kewenangan dan pilihan subyektif presiden. Bagus tidaknya kerja yang bersangkutan  sebagai jaksa agung belum bisa kita nilai. Kita lihat saja seperti apa kinerjanya nanti. Kalau bagus kita dukung. Kalau kerjanya ngawur ya kita kritik. Itu saja tanggapan saya,” demikian YIM. 

Sekedar kilas balik Presiden Joko Widodo menunjuk HM Prasetyo sebagai jaksa agung, menggantikan Pelaksana Tugas Jaksa Agung Andhi Nirwanto. HM Prasetyo yang merupakan anggota DPR dari Fraksi Partai Nasdem.

Andhi menuturkan, Jokowi menegaskan bahwa HM Prasetyo harus bisa independen saat dipercaya sebagai Jaksa Agung. 

“Harus (independen). Kalau nggak, nanti diganti lagi,” ungkap Andi.

Rencananya, pelantikan jaksa agung akan dilakukan pada hari ini juga, pukul 14.00. Sebelumnya, beberapa nama lain sempat muncul. Mereka adalah Wakil Jaksa Agung Andhi Nirwanto; mantan Deputi UKP4, Mas Achmad Santosa; dan Kepala PPATK M Yusuf. (IB/Bahaudin Marcopolo)

You may also like...

0 thoughts on “Yusril Tidak Persoalkan Jaksa Agung Berlatar Belakang Politisi”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<