Yuk Ngopi….

Foto: nomandicnotes
Foto: nomandicnotes

Indonesia dikenal memiliki berbagai varian kopi yang sangat diterima di pasar dunia. Bahkan kopi Sumatera menjadi andalan sebuah kafe kopi terkenal dari Amerika Serikat. Kenikmatan kopi dalam cangkir atau gelas dibuat melalui beragam cara. Yang paling umum adalah kopi tubruk, sedangkan di Aceh dikenal dengan kopi tarik, sedangkan Yogyakarta memperkenalkan kopi joss.

Kopi Tubruk
Penyajian kopi dengan cara kopi tubruk banyak ditemukan diberbagai tempat di Indonesia, khususnya warung kopi. Yang dimaksudkan dengan Tubruk adalah memasukan langsung kopi ke dalam cangkir atau gelas dan menambahkannya dengan gula. Karena popularitas cara ini, kemudian memberikan ide pada produsen-produsen kopi untuk membuat kopi tubruk dengan gula dalam paket cukup untuk satu cangkir atau dikenal dengan istilahnya kopi tubruk sachet. Bahkan kopi tubruk sachet ini sudah diekspor ke Malaysia, Singapura, Cina dan Saudi Arabia.

Kopi Tarik
Jenis kopi yang ditanam di Aceh adalah kopi Arabika yang lezat rasanya. Penyajian kopi di Aceh adalah dengan menuangkan bolak balik antara satu kontener dengan kontener lainnya, tujuannya adalah untuk membentuk kekentalan pada kopi dan memperkaya rasa. Kopi tarik dapat ditemukan di warung-warung kopi yang banyak bertebaran di lingkungan yang dijadikan tempat bersosialisasi masyarakat.

Kopi Jahe
Kopi jahe adalah perpaduan sempurna antara kopi dengan jahe. Biasanya kopi jahe banyak ditemukan di pulau Jawa. Karena popularitasnya di masyarakat, produsen-produsen kopi kemudian menciptakan kopi jahe dalam kemasan siap seduh. Aroma hangat yang masuk ke dalam tubuh memang mampu menyingkirkan hawa dingin yang menusuk. Diyakini kopi jahe dapat meredakan flu.

Kopi Joss
Proses pembuatan kopinya tidak berbeda dengan proses pembuatan kopi tubruk, namun keistimewaan kopi ini adalah ketika kopi sudah diseduh air panas, maka dicemplungkan bara arang ke dalam gelas kopi itu. Kopi Joss dapat ditemukan di warung-warung di sebelah utara stasiun Tugu, Yogyakarta. Kata joss diambil dari suara ketika bara arang bertemu dengan air.

Kopi Bumbu
Kopi bumbu adalah kopi yang di dalamnya dimasukan kayu manis, kapulaga, cengkeh dan gula. Kopi ini diyakini diperkenalkan pertama kali oleh pendatang dari Timur Tengah.

Kopi Sereh
Sereh tidak hanya hadir dalam kuliner Indonesia, melainkan pada penyajian kopi. Meminum kopi sereh dapat membuat badan segar.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Yuk Ngopi….”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<