Wakil Rakyat Belum Gajian

sidang-dpr1

JAKARTA, inibangsaku.com – Lantaran konflik berkepanjangan antara Kubu Koalisi Indonesia Hebat (KIH) dan Koalisi Merah-Putih (KMP) hingga kini para wakil rakyat di Senayan mengaku belum mendapatkan gaji.

Bukan hanya 560 orang legislator, 1120 staf ahli dan 560 asisten belum dibayar gajinya untuk bulan Oktober.

Wakil Ketua Komisi I DPR yang juga politisi Golkar Tantowi Yahya mengaku tak memahami alasan belum cairnya gaji anggota dewan karena konflik kubu Jolowi dengan koalisi pendukung Prabowo. Ia mengatakan Para wakil rakyat baru bisa gajian jika dua kubu itu berdamai dan menyepakati pembentukan alat kelengkapan Dewan.

Akibatnya, kocek politisi asal Partai Golkar ini cekak. Pasalnya, Tantowi tidak memiliki pendapatan lain selain dari DPR.

“Saya tak punya pendapatan lain, terpaksa ambil tabungan,” kata dia di Kompleks Parlemen, Rabu (5/11).

Tantowi mengatakan belum turunnya gaji sebagai anggota DPR menyebabkan dia harus menalangi pembayaran para tenaga ahli. Para tenaga ahli anggota DPR, kata Tantowi, baru mendapatkan rapelan gaji pada Januari 2015.

Ia pun berharap konflik antara fraksi pendukung Prabowo dan pro-Presiden Jokowi segera berakhir. Jika kesepakatan dua kubu terwujud, anggota parlemen bisa langsung bekerja dan pemerintah langsung mengetahui mitra kerjanya.

Pernyataan berbeda dikatakan anggota Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lukman Edy. Dia mengatakan, yang belum cair adalah tunjangan untuk setiap anggota. Sementara gaji pokok sudah diterimanya. “Gaji sudah terima jumlahnya Rp 16,5 juta,” ujarnya.

Pernyataan serupa juga disampaikan anggota Fraksi Demokrat Ruhut Sitompul. Anggota DPR dari daerah pemilihan Sumatra Utara itu mengaku sudah menerima haknya tersebut. Dia mengaku, gaji pokok sudah masuk melalui rekeningnya. “Siapa bilang belum? Datangi saja Bank Mandiri, wawancara, sudah dikirim semua,” kata Ruhut.

Ruhut mengatakan, pihak yang belum menerima gaji sampai saat ini adalah Tenaga Ahli (TA) dan Sekretaris Pribadi (Sespri). Sebab, sampai hari ini badan yang mengatur ketentuan itu‎ belum bekerja efektif akibat konflik yang terjadi di DPR. “Kita DPR jadi malu lah sama rakyat, jangan bicara gaji dan jabatan,” kata Ruhut. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Wakil Rakyat Belum Gajian”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<