Wakil Negara lain Kagum Akan Potensi SAR di Indonesia

SAR

Yogyakarta, Inibangsaku.com – Lima orang anggota SAR mendapat penghargaan dari Badan SAR Nasional (Basarnas) karena berhasil turun dan membawa jenazah Erri Yunanto dari dasar kawah Gunung Merapi. Penghargaan langsung diberikan oleh Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo.

Kelima anggota SAR tersebut adalah Bakat Setyawan (29) dari Barameru Boyolali, Endro Sambodo (31) dari SAR DIY, Andry Susanto (38) dari SAR DIY, Akmat Muhsin (23) dari SAR DIY, dan Rahmadiyono (24) dari SAR DIY.

“Bayangkan saja turun ke kawah gunung aktif yang pada tahun 2010 lalu meletus hebat untuk misi kemanusiaan menolong Erri Yunanto,” ucap Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo, Rabu (27/5/2015).

Bambang memantau langsung proses pengangkatan jenazah Erri Yunanto dari dalam kawah gunung termuda dan teraktif di perbatasan Jawa Tengah-Yogyakarta itu. Saat lima orang anggota SAR akan turun, Bambang mengaku sempat deg-degan. Sebab, Gunung Merapi masih aktif dan kawah mengeluarkan uap yang sangat panas.

“Saya hadir ini untuk memberikan penghargaan atas kehebatan para SAR, relawan, dan khususnya lima orang yang turun ke kawah Merapi untuk menolong Erri,” ujarnya.

“Ini yang pertama kalinya. Sebelumnya belum pernah ada, bahkan di dunia. Mereka pahlawan, seperti Gatotkaca yang masuk ke dalam kawah,” ucapnya.

Kisah heroik ini pun diceritakannya kepada para wakil negara-negara lain saat ada pertemuan di Jakarta. Usai mendengar cerita misi penyelamatan di dalam kawah ini, mereka terkagum-kagum dengan potensi SAR yang ada di Indonesia.

“Saya ceritakan tadi, saat ada pertemuan yang dihadiri para wakil negara-negara di Jakarta. Mereka kagum dan salut dengan potensi SAR negara kita,” ucapnya.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Wakil Negara lain Kagum Akan Potensi SAR di Indonesia”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<