TNI-Polri Kembali Bentrok, Kapolda Dan Danrem Harus Dicopot

015103_992418_TNI_puncak_jaya_HL

JAKARTA, inibangsaku.com – Lagi, untuk kesekian kalinya bentrok terjadi antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Korps Barigade Mobil (Brimob) Polri kembali teradi di Batam, Kepulauan Riau.

Indonesia Police Watch (IPW) menilai terjadinya bentrokan antar kedua institusi aparatur keamanan dipandang sebagai tanda buruknya hubungan psikologis antar keduanya.

“Salah satu penyebab utamanya adalah tidak terkendalinya aksi backing membacking, baik dalam bisnis legal maupun ilegal, yang dilakukan oknum-oknum kedua institusi,” kata Neta dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis (20/11).

Problematika lain yang memicu terjadinya bentrokan adalah dendam kesumat antara kedua institusi tersebut pasca bentrokan pertama pada tanggal 21 September 2014. Kala itu sebanyak 4 orang personel TNI Batalion Tuah Sakti tertembak oleh peluru anggota Brimob.

“Dengan terjadinya bentrokan di Batam, pemerintah perlu segera mencopot Kapolda Kepri dan Danrem setempat serta mengevaluasi dan mencopot kepemimpinan TNI-Polri. Bagaimana pun bentrokan ini tak terlepas dari kelenggahan elit-elit TNI-Polri dalam mencermati dinamika di Batam pasca bentrokan 21 Sep 2014 lalu,” demikian Neta.

Sekedar kilas balik sebelumnya Barak Teratai Satuan Brimob Polda Kepulauan Riau (Kepri) di Tembesi diserang oleh oknum anggota TNI Yonif 134 Tuah Sakti. Penyerangan dipicu dari persoalan sepele yang terjadi di Pom bensin antar kedua anggota institusi keamanan tersebut.

Saat sedang mengisi bensin, Pratu Nuryono dan Praka Budiono yang keduanga adalah personel TNI Batalion 134 Tuah Sakti beradu pandang dengan oknum Brimob. Saling pandang itulah yang menjadi pemicu percekcokan antar mereka. Namun demikian kejadian tersebut dapat diredam oleh Provost Polda Kepri.

Setelah kejedian tersebut  usai, sebanyak 30 personel Batalion  Tuah Sakti mendatangi lokasi kejadian dengan dalih menyelidiki. Ketika hendak meninggalkan Markas Brimob seorang oknum TNI melemparkan batu ke arah kantor Brimob. Akibat leparan batu tersebut menyebabkan kaca pacah. Atas insiden tersebut terjadi aksi saling tembak-menembak. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “TNI-Polri Kembali Bentrok, Kapolda Dan Danrem Harus Dicopot”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<