TNI Bantu Relokasi Korban Erupsi Sinabung

tni-sinabung1

JAKARTA, inibangsaku.com – Sebanyak 480 prajurit TNI terlibat langsung merelokasi para pengungsi korban bencana erupsi Gunung Sinabung dalam bentuk karya bhakti TNI skala besar dengan melakukan pengerasan jalan, pembukaan jalan baru serta membangun rumah di Siosar, Desa Kacinambun, Kecamatan Tiga Panah, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (6/11).

Pusat Penerangan TNI dalam keterangan pers kepada redaksi, Jumat (7/11) mengataan keterlibatan para prajurit TNI tersebut merupakan tindak lanjut dari Kunjungan Presiden RI Ir. Joko Widodo ke wilayah Sinabung tanggal 29 Oktober 2014 lalu, setelah Presiden RI melihat secara langsung kondisi para korban.

Skala prioritas yang dibutuhkan oleh para korban yaitu tempat tinggal, tempat ibadah, sekolah dan lahan pertanian untuk aktivitas kehidupan sehari-hari, maka Presiden RI memerintahkan kepada TNI untuk melaksanakan karya bhakti skala besar guna dapat segera merelokasi para korban bencana erupsi Gunung Sinabung.

Hal ini juga sebagai bentuk komitmen untuk membantu Pemerintah Daerah dalam mengatasi kesulitan masyarakat. Hal ini sesuai dengan amanah UU RI No 34 Tahun 2004 tentang TNI, dimana tugas pokok TNI dilaksanakan melalui Opeasi Militer Untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP), diantaranya pemberdayaan wilayah, membantu pemerintahan daerah dalam penanggulangan bencana alam.

Kepedulian prajurit TNI untuk merealisasi harapan masyarakat di 7 desa dan 1 dusun, sehingga dapat segera memiliki tempat tinggal yang baru, tempat ibadah, sekolah dan lahan pertanian untuk aktivitas kehidupan sehari-hari dalam menata kehidupan dan harapan baru.
Karya bhakti yang dilaksanakan prajurit TNI dan elemen masyarakat tersebut akan berlangsung hingga pertengahan Juli 2015 yang terbagi dalam beberapa tahap dan akan menyelesaikan beberapa kegiatan fisik antara lain pembangunan kurang lebih 2.053 unit rumah sederhana type K-36 dengan menggunakan anggaran dana bantuan dari Presiden RI dan BNPB, pengerasan jalan sepanjang 3,4 km, pembukaan jalan dan pengerasan sepanjang 5,8 km, pembukaan lahan untuk pemukiman seluas 9 ha dan pembangunan sarana dan prasarana pemukiman.

Dalam kegiatan ini TNI mengerahkan sejumlah peralatan antara lain 8 unit dozer, 4 unit exavator, 2 unit setum walks dan 10 unit dump truck 2,5 ton.

Selain itu para prajurit TNI dari beberapa satuan di jajaran Kodam I/Bukit Barisan antara lain Korem 023/KS, Zidam I/BB, Yonzipur 1/DD,Yonarmed 2/105,Yonif 100/Raider, Yonarhanudse 11/BS, Yonkav 6/Serbu, Yonif 121/MK,Yonif 122/TS, Yonif 125/SMB dan Kodim 0205/TK. Para prajurit TNI juga melakukan kegiatan non fisik antara lain sosialisasi kepada masyarakat, do’a bersama dengan masyarakat dekat sasaran, pengarahan dan pembekalan kepada calon penghuni dan penyuluhan pertanian. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “TNI Bantu Relokasi Korban Erupsi Sinabung”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<