Tifa, Alat Musik Tradisional Indonesia Timur

Indonesia yang sangat kaya akan tradisi dan budaya, menghasilkan banyak sekali karya seni tradisional. Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya menyerupai kendang dan terbuat dari kayu yang dilubangi pada bagian tengahnya.

Tifa biasanya dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian Perang, Tarian tradisional Suku Asmat,dan Tarian Gatsi. Di setiap daerah terdapat variasi bentuk dan ukuran tifa, ada yang besar, sedang dan kecil. Perbedaan yang nampak hanya pada ukuran dan ragam hiasannya.

Cara memainkan tifa tergolong mudah, persis dengan alat musik gendang, yaitu dengan cara dipukul menggunakan telapak tangan. Namun, proses pembuatan alat musik ini tidaklah mudah. Proses pembuatannya masih menggunakan cara tradisional untuk menjaga kualitasnya. Tifa terbuat dari sebatang kayu yang dilubangi pada bagian tengahnya, dan salah satu ujungnya dilapisi oleh kulit rusa yang telah dikeringkan.

Tifa juga mempunyai beberapa macam jenisnya, seperti tifa jekir, tifa dasar, tifa potong, tifa jekir potong, dan tifa bas. Alat musik ini dapat kita jumpai pada pertunjukan atau acara-acara tertentu. Misalnya saja pada Festival Danau Sentani di Papua, tifa dimainkan untuk mengiringi lagu dan tarian-tarian khas Papua. Alat musik khas Indonesia timur ini berhasil menyedot perhatian wisatawan asing dan menjadi suguhan menarik bagi para pengunjung Festival Danau Sentani.

Sumber :
describeindonesia.com

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Tifa, Alat Musik Tradisional Indonesia Timur”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<