Taman Sari Gunongan, Cinta Iskandar Muda

Foto: luxindotours
Foto: luxindotours

Bangunan perlambang cinta ada dimana saja yang merupakan simbol dari rasa cinta yang besar. Taman Sari Gunongan di Aceh adalah simbol cinta Sultan Iskandar Muda pada istrinya Putri Pahang. Putri Pahang adalah putri dari Kerajaan Pahang yang takluk di bawah Kerajaan Aceh.

Putri Pahang meminta pada Sultan Iskandar Muda membuat bangunan seperti gunung-gunung yang dapat memupuskan kerinduan pada tanah kelahirannya. Untuk itu kemudian Sultan Iskandar Muda memerintahkan membangun taman sari itu di tepi sungai Krueng Daroy. Bangunan itu memiliki desain seperti gunung dan sangat besar. Di taman itu biasanya Putri Pahang mandi di sungai dan bangunan besar itu untuk menutupi segala kegiatan istri sultan itu.

Taman Sari Gunongan merupakan bagian dari Taman Ghairah. Dalam taman ini termasuk di dalamnya adalah Gunongan, Leusong dan Kandang. Kemudian di bagian timur laut sepanjang sunga Krueng Daroy dan Pinto terdapat bangunan persegi empat yang merupakan kubah pintu gerbang yang menghadap istana dan memiliki jalan ke taman dan alun-alun. Tak sembarangan orang boleh melewatinya kecuali anggota keluarga kerajaan.

Taman Sari Gunongan dibuka dari jam 7.00-18.00 WIB untuk umum. Lokasinya berada dalam wilayah administrasi Kampung Kleng, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Banda Aceh.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Taman Sari Gunongan, Cinta Iskandar Muda”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<