Sumatera Selatan Bangun Kebun Raya Tanaman Obat

lampung

inibangsaku.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan segera memulai pembangunan Kebun Raya Sumatera Selatan atau Kebun Raya Sriwijaya. Berbeda dengan yang lain, Kebun Raya Sriwijaya akan ditanami tanaman obat khas daerah darat dan rawa di Sumatera dan wilayah Indonesia lainnya.

Kepala Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Ekowati Retnaningsih menuturkan pembangunan kebun raya seluas 100 hektare tersebut telah mendapat bantuan dari enam perusahaan BUMN dan swasta yang ada di daerah ini.

“Sudah terkumpul dari swasta hampir Rp 25 miliar. Nanti pusat juga membantu,” kata Ekowati, Rabu, 14 Januari 2015.

Menurut dia, uang itu berasal dari donatur, yaitu PT Bukit Asam, PT Bank Sumsel Babel, Gabungan Perusahaan Karet Indonesia, PT Pertamina, PT Sentosa Bahagia, dan Bank Rakyat Indonesia. Mereka memberikan bantuan dalam bentuk bangunan fasilitas yang dibutuhkan. Pembangunannya segera dilakukan pada tahun ini.

Menurut Gubernur Sumatear Selatan Alex Noerdin, untuk merealisasikan kebun raya dengan luas sekitar 100 hektare itu, pihaknya membutuhkan dana Rp 394,17 miliar yang bersumber dari APBN sebesar Rp 158,77 miliar, APBD Sumatera Selatan Rp 67,62 miliar, serta pihak ketiga Rp 167,77 miliar.

Rencananya, pembangunan Kebun Raya Sumatera Selatan di Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, nantinya akan dikembangkan menjadi pusat penelitian dan pendidikan. Tak hanya itu, keberaradaan kebun itu juga akan menjadi obyek pariwisata setelah melengkapi berbagai infrastruktur pendukung secara bertahap dalam tiga tahun ini.

(sumber:tempo)

You may also like...

0 thoughts on “Sumatera Selatan Bangun Kebun Raya Tanaman Obat”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<