Silek Minangkabau, Sistem Pertahanan & Bela Diri

Foto: blacktrianglesilat
Foto: blacktrianglesilat

Keberadaan Silek Minangkabau sudah ada sejak lama, sayangnya tidak adanya catatan tertulis agak sulit untuk menentukan sejarahnya. Namun filosofi yang terkandung di dalam Silek Minang adalah untuk mempertahankan diri dari serangan musuh dan membela diri dari serangan musuh. Keindahan gerakan Silek Minangkabau dapat disaksikan dalam setiap kesempatan besar, salah satu dari bagian Silek Minangkabu adalah mempertunjukan gerakan silat dalam bentuk keindahan layaknya tarian yang disebut mancak atau bungo silek. Sedangkan bagian lainnya adalah silek yang menitikberatkan pada seni pertempuran yang bertujuan melumpuhkan lawan.

Hal ini sangat disadari oleh para tuo silek (guru besar) yang cenderung menyimpan kemampuan silatnya di depan khalayak ramai. Namun tidak sungkan untuk mempertunjukan keindahan gerakan silek di muka umum. Ini berhubungan dengan filosofi; jiko mamancak di galanggang, kalau basilek dimuko musuah (melakukan tarian pencak di gelanggang, bersilat di depan musuh).

Silek Minangkabau berkembang dan menyebar di luar Tanah Minang, ini berhubungan dengan karakteristik suku bangsa ini yang gemar merantau. Sebelum merantau biasanya seseorang harus sudah memiliki bekal berupa pertahanan diri yakni Silek Minangkabau. Selama di perantauan itulah tak mengherankan bila kemudian memberikan satu atau dua jurus pada lingkungan perantauannya. Silek Minangkabau memberikan pengaruhnya pada perkembangan pencak silat di Indonesia. Sedikit-banyak perguruan-perguruan utama di Indonesia memiliki pengaruh tersebut.
Penyebaran Silek Minangkabau tak hanya ke sluruh Indonesia saja, melainkan hingga keluar perbatasan. Silek Minangkabau memiliki perguruan di Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Filipina, Hongkong, Ghana, Austria, Belanda, Spanyol, Perancis dan Amerika Serikat. Pada film Merantau, Iko Uwais mempertunjukan jurus-jurus Silek Minangkabau.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Silek Minangkabau, Sistem Pertahanan & Bela Diri”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<