Siapakah Fatimah binti Maimun?

Foto: akarasa
Foto: akarasa

Masih banyak yang harus digali dari seorang wanita muslimah bernama Fatimah binti Maimun. Namun yang menjadi fakta adalah makamnya adalah makam Islam tertua yang ada di kawasan Asia Tenggara. Konon kabarnya Fatimah binti Maimun memainkan peran penting dalam syiar Islam di tanah Jawa. Eksistensinya sudah ada sebelum masa Wali Songo.

Ini terbukti pada makamnya yang berada di Leran, Gresik, menunjukan wafat pada tahun 475 Hijriah atau tahun 1082 Masehi. Kemudian pada belakang penulisan hurufnya dalam gaya kufique atau kufi. Gaya penulisan kufi ini terdapat juga di Phanrang , Champa Selatan dimana terdapat komunitas melayu-polinesia tua yang beragama Islam. Bentuk makam Fatimah binti Maimun ini menyerupai makam yang ada di Champa. Menurut pakar sejarah, ini merupakan bentuk penghormatan Raja Majapahit yang salah dalam penerimaan utusan Champa yang bersahabat.

Fatimah binti Maimun tidak banyak memiliki catatan sejarah kecuali dalam bentuk lisan. Namun dalam Sajarah Banten bertahun 1662-1663, dituliskan nama seorang putri asal Leran, Putri Dewi Suwari ditunangkan dengan raja terakhir Majapahit. Putri tersebut diyakini memiliki peran penting pada masa awal syiar Islam di Jawa. Sayangnya kehadirannya dihubungkan dengan Maulana Malik Ibrahim yang hadir kemudian berjarak hampir 400 tahun.

Tidak terdapat catatan asal usul Fatimah binti Maimun ini yang menyebabkan berkembangnya banyak anggapan. Ada yang menyebutkan bahwa Fatimah binti Maimun bin Hibat Allah adalah anak pedagang kaya. Adapaula yang menyebut dirinya sebagai anak mubaligh terkenal, tak kurang pula yang pecaya Fatimah berasal dari Persi Gujarat. Adapula yang menyebutkan bila Fatimah binti Maimun memiliki nama lengkap Fatimah binti Maimun Dewi Ratna Swari, anak dari Sayyid Sultan Kedah bergelar Sultan Mahmud Mahdad Alim yang diyakini memiliki garis keturunan dari Ali bin Abi Thalib.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Siapakah Fatimah binti Maimun?”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<