Serabi Manis dari Notosuman

ib

IniBangsaku – Saat berkunjung ke Solo, sempatkan berkunjung ke daerah Notosuman, tepatnya di Jalan Muh. Yamin. Di jalan ini, terdapat beberapa penjual salah satu kuliner yang terkenal di Solo, serabi.

Tidak perlu ragu untuk memilih toko mana untuk membeli serabi di jalan ini. Menurut cerita, toko-toko serabi yang ada di jalan ini berasal dari keturunan yang sama, yaitu Hoo Hek Hok, yang sudah merintis usaha serabi sejak tahun 1920-an.

Serabi terbuat dari tepung beras, santan, gula, garam, dan daun pandan sebagai pewangi. Adonan tersebut lalu dimasak dengan cara tradisional. Adonan dimasukkan ke wajan kecil yang diletakkan di atas bara lalu ditutup dengan penutup dari tanah liat. Proses pemasakan satu serabi kurang lebih 3 menit. Di toko-toko yang ada di jalan ini, pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan serabi.

Serabi yang sudah matang kemudian digulung dan dibungkus dengan daun pisang. Gigit gulungan serabi dan Anda akan merasakan makanan yang kenyal sekaligus lembut dengan rasa yang manis. Ada dua rasa serabi yang ditawarkan di sini, polos dan cokelat. Serabi polos dijual seharga Rp2.000 per buah, sementara serabi rasa coklat dijual seharga Rp2.200 per buah.

Karena dibuat tanpa bahan pengawet, serabi hanya mampu bertahan selama 24 jam. Karenanya, jika ingin menjadikan penganan ini sebagai oleh-oleh, sebaiknya Anda membelinya dalam perjalanan menuju bandara.

Toko-toko serabi di Jalan Muh. Yamin buka dari jam 05.00 WIB sampai 19.00 WIB. Walau begitu, disarankan Anda datang sebelum sore atau memesan melalui telefon terlebih dahulu. Karena biasanya, serabi yang dijual di sini akan habis sebelum toko tutup. ( ary )

sumber/indonesiakaya.com

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Serabi Manis dari Notosuman”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<