Selayang Pandang Makom Kampung Mahmud Chigondewan Bandung Jawa Barat bag.5

makom

Kependudukan

inibangsaku.com – Penduduk Desa Mekarrahayu berdasarkan monografi desa berjumlah 13.493 jiwa , yang terdiri atas laki-laki 6.893 orang dan perempuan 6.600. Jumlah penduduk tersebut terbagi ke dalam 2.732 kepala keluarga.
Ditinjau dari segi pendidikan, masyarakat Desa Mekarrahayu dapat dikatakan cukup baik, karena sekarang ini anggota masyarakatnya sudah ada yang dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Khusus untuk Kampung Mahmud, hal itu sifatnya masih minoritas, karena mayoritas adalah tamatan SD. Jenjang pendidikan yang ditempuh bermacam-macam, ada yang masuk lembaga formal, seperti SD, SLTP, SLTA, bahkan ke perguruan tinggi. Akan tetapi, ada pula yang melanjutkan pendidikan ke lembaga informal lainnya seperti pesantren.
Penduduk Desa Mekarrahayu, mayoritas beragama Islam, dan sisanya menganut agama Protestan, Katholik, dan Hindu. sehingga tempat peribadatan untuk mereka yang beragama Islam sangat diperhatikan oleh pemerintah dan tokoh masyarakat setempat. Saat ini, di Desa Mekarrahayu terdapat masjid sebanyak 17 buah dan langgar 62 buah.
Mata pencaharian penduduk bermacam-macam, mulai dari pegawai negeri, ABRI, pedagang / wiraswasta, buruh, petani, pensiunan, dan lain-lain. Khusus penduduk Kampung Mahmud, yang saat ini telah terpengaruh oleh roda jaman, maka penduduknya yang dahhulu bermatapencaharian sebagai petani, baik di sawah maupun ladang, kini mereka lebih tertarik pada matapencaharian di luar bertani. Banyak di antara mereka yang beralih profesi dari petani ke profesi sebagai pedagang, bahkan di dalam Kampung Mahmud tersebut kini telah berdiri home industry yang mendaur ulang barang rongsokan menjadi aneka ragam kerajinan

You may also like...

0 thoughts on “Selayang Pandang Makom Kampung Mahmud Chigondewan Bandung Jawa Barat bag.5”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<