Selayang Pandang Makom Kampung Mahmud Chigondewan Bandung Jawa Barat bag.4

dian Budaya 1,091 views 0 0
makom

Pola Pemukiman

inibangsaku.com – Masyarakat Kampung Mahmud berkeyakinan, bahwa kampungnya merupakan warisan dari para leluhur, yang harus dipelihara berdasarkan ketentuan adat-istiadat yang telah dibakukan. Oleh karena itu, mereka tidak berani melanggar atau mengubahnya, seperti tidak boleh menabuh goong besar maupun goong kecil, rumah tidak memakai kaca, dan memelihara angsa.
Perkampungan masyarakat Kampung Mahmud tidak jauh berbeda dengan perkampungan masyarakat Sunda tradisional lainnya, Seperti Kampung Naga di Tasikmalaya, Kampung Urug di Kabupaten Bogor, Kampung Dukuh di Kabupaten Garut, dan Kampung Baduy di Kabupaten Lebak, yaitu bersifat mengelompok. Letak rumah mereka berderet dan berjajar saling berhadapan di sepanjang jalan desa atau kampung. Di sebelah barat perkampungan terdapat Mesjid Ageung Kampung Mahmud, dan di halaman depannya terhampar lapangan luas sebagai halaman atau Buruan tempat anak-anak bermain. Di sebelah timur dan di ujung barat perkampungan terdapat Makam Keramat Leluhur Kampung Mahmud, yaitu Makam Eyang Gedug, Eyang Abdul Manaf dan Eyang Ageung Zaenal Arif.
Bentuk bangunan rumah berupa panggung dengan bahan-bahan yang terbuat dari Bambu dan kayu. Adapun atap rumah bertipe jolopong yaitu suhunan panjang dan dinding rumah terbuat dari anyaman bambu yang disebut bilik, lantai rumah terbuat dari kayu yang disebut balagbag. Setiap tiang penyangga rumah disangga dengan batu yang disebut tatapakan,. Tangga untuk naik ke dalam rumah terbuat dari kayu atau bambu yang disusun rapi disebut golodog.
Bagian tengah rumah biasanya disebut tengah imah merupakan bagian ruangan yang cukup besar yang digunakan untuk kepentingan tertentu sepeti menerima tamu pada peristiwa selamatan. Dalam ruangan tersebut terdapat seperangkat kursi tamu lengkap dengan mejanya dan alat rumah tangga lainnya, seperti lemari, radio transistor, TV, hiasan dinding sesuai dengan kemampuan masing-masing.

You may also like...

0 thoughts on “Selayang Pandang Makom Kampung Mahmud Chigondewan Bandung Jawa Barat bag.4”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<