Sejarah Pembangunan Waduk Jatigede: 52 Tahun

dian Sejarah 1,915 views 0 0
waduk-jatigede-dam

Inibangsaku.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan para bawahannya untuk segera merampungkan pembangunan waduk Jatigede di Sumedang, Jawa Barat, yang selama ini berkutat dengan masalah pembebasan lahan.  “Pembangunan Waduk Jatigede sejak zaman Bung Karno belum dapat diselesaikan karena masalah pembebasan lahan yang tidak segera diputuskan,” ujar beliau di kantornya, Kamis (18/6).

Ternyata, pembangunan waduk Jatigede tersebut sudah direncanakan sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Saat itu pemerintah Hindia Belanda berencana untuk membangun tiga waduk di sepanjang aliran Sungai Cimanuk, dan Waduk Jatigede diproyeksikan sebagai waduk utamanya.

Pada tahun 1963 dimulailah rencana pembangunan, dan setelah itu pemerintah terus melakukan beberapa studi banding dan penelitian dalam proyek pembangunan waduk Jatigede.

Pemerintah baru memulai aksinya pada tahun 1984 dengan melakukan pembebasan lahan di tiga kecamatan yaitu Wado, Cadasngampar dan Darmaraja lalu diikuti oleh pembebasan lahan lainnya.

Namun, proyeksi pembangunan waduk Jatigede mendapatkan protes dari masyarakat setempat karena dirasa akan menghilangkan jatidiri daerah tersebut. Pasalnya, banyak sekali situs-situs bersejarah di lokasi pembangunan waduk tersebut. Kepala Seksi Kepurbakalaan dan Permuseuman Bidang Kebudayaan mencatat pada tahun 2010 ada sebanyak 64 situs yang perlu diselamatkan dalam pembangunan Waduk Jatigede.

Cukup lama pemerintah melakukan negosiasi dengan warga setempat untuk merelokasi situs-situs tersebut. Proses negosiasi yang berjalan alot tersebut pun lama kelamaan menjadi lebih luwes seiring pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Hingga akhirnya sebelum tahun 2011 total 48 situs bersejarah berhasil dipindahkan. Saat ini masih ada beberapa situs saja yang perlu direlokasi dan masalah pembebesan lahan masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

Kini, pemerintah sedang berusaha untuk menyelesaikan proses pembangunan waduk Jatigede yang sudah memakan waktu lebih dari 5 dekade tersebut.

You may also like...

0 thoughts on “Sejarah Pembangunan Waduk Jatigede: 52 Tahun”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<