Sejarah Inspiratif Peraih UN Tertinggi

u n

Inibangsaku.com – Ternyata, ada banyak kisah inspiratif dari para peraih nilai tertinggi Ujian Nasional (UN). Di antara kisahnya datang dari Tuban. Namanya Achmad Syafi’I, siswa SMK Negeri I Tuban jurusan Teknik Komputer. Ia peraih nilai tertinggi se-Jawa Timur pada tahun 2013. Namun, siapa sangka, dibalik prestasi yang diraihnya itu, Achmad ternyata sekolah dengan bekal surat keterangan tidak mampu. Bahkan, bimbingan belajar yang ia ikuti ‘pun gratis lantaran beasiswa dari PT Semen Indonesia. Orang tuanya juga hidup secara pas-pasan. Pujianto, ayah Achmad sudah tidak mampu lagi bekerja lantaran kaki kanannya lumpuh setelah mengalami kecelakaan kerja di sebuah proyek bangunan. Sementara sang ibu hanya bekerja menjadi pembantu rumah tangga lepas yang gajinya tak seberapa. Namun, bagi Achmad, kondisi ekonomi yang berat bukan alasan dengan ketekunan belajar dan kreatifitas mencari beasiswa.

Ada pula kisah inspiratif UN dari Defi Dwi Arnawati, siswa SDN Cendono I Kecamatan Kandat yang merupakan salah satu peraih nilai UN SD tetinggi pada tahun 2012. Kairin, ayah Defi, mengaku bangga karena walau ia hanya bisa memenuhi kebutuhan Defi secara pas-pasan dengan pekerjaan sebagai buruh tani, ternyara Defi bisa jadi juara. “Kami hidup pas-pasan. Tapi ternyata dengan keadaan seperti ini, Defi bisa jadi juara,” katanya.

Achmad dan Defi adalah bukti nyata bahwa keberhasilan belajar tak selalu ditentukan oleh perekonomian orang tua yang mapan, fasilitas yang melimpah, atau faktor ekonomi lainnya. Namun kuncinya adalah ketekunan belajar si anak dan motifasi serta bimbingan dari orang tua.

Kisah inspiratif tentang UN selalu saja ada setiap tahunnya. Dan kita sedang menunggu inspirasi dari UN 2015 ini.

(diolah oleh berbagai sumber)

You may also like...

0 thoughts on “Sejarah Inspiratif Peraih UN Tertinggi”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<