Pokok-pokok Gerilya, Buku Wajib untuk Militer

Foto: wikimedia
Foto: wikimedia

Jenderal A.H. Nasuution tidak hanya dikenal di Indonesia saja, melainkan sudah melebihi batas negara. Bukan hanya karena karier militernya saja beliau kemudian dikenal orang. Lebih dari itu Jenderal Nasution memberikan sumbangan besar bagi dunia militer internasional dengan bukunya “Pokok-pokok Gerilya (Fundamentals of Guerilla Warfare).

Buku yang sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa ini merupakan buku yang menjadi bacaan wajib bagi semua tentara. Buku ini bahkan menjadi salah satu bacaan wajib bagi peserta didik pada sekolah militer angkatan darat di West Point, Amerika Serikat. Amerika yang memiliki persenjataan dan sumber daya manusia militer terbaik di dunia mengakui bahwa buku itu menjadi salah satu buku terbaik bagi dunia militer.

Betapa tidak selama peperangan di Vietnam yang memakan puluhan ribu tentara Amerika, tak sedikitpun Amerika berhasil menundukan pergerakan musuhnya. Alih-alih berperang dengan persenjataan modern, tetap saja Viet Cong tak dapat ditundukan. Beberapa perwira Viet Cong membaca buku milik Jenderal Nasution dan menerapkannya dalam taktik perang melawan Amerika. Konon kabarnya Ho Chi Minh termasuk yang membaca bukunya itu.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Pokok-pokok Gerilya, Buku Wajib untuk Militer”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<