PKS Harapkan Jaksa Agung yang Bersih

pks1

JAKARTA, inibangsaku.com – Politisi Partai Keadilan Sejahtera yang juga Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meminta Presiden Jokowi memilih sosok Jaksa Agung yang bersih.

Menurut Fahri, figur calon Jaksa Agung bisa berasal dari kalangan internal maupun eksternal. Asalkan sosok tersebut bersih.

“Yang penting sapunya bersih, siapapun orangnya yang penting sapunya bersih,” kata Fahri di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/11).

Menurutnya, sampai saat ini masih banyak praktik kongkalikong hukum antara polisi dan kejaksaan. Karena itu dibutuhkan Jaksa Agung yang bersih. Jika Jaksa Agung bersih maka segala tindak rekayasa hukum yang dilakukan polisi nantinya dalam menangani proses tuntutan, akan mampu diberantas.

“Sehingga sampah ini tidak sampai masuk ke dalam ruang persidangan, sekarang sampah itu masuk persidangan harus dicegah dan itu Jaksa Agung,” imbuh Wasekjen PKS ini.

Lain halnya dengan pendapat Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman yang lebih menekankan agar Jokowi tak memilih Jaksa Agung yang tidak memiliki afiliasi terhadap partai politik.

Poltisi Partai Demokrat ini mengatakan, Jaksa Agung ke depan sebaiknya dipilih dari kalangan profesional, yang memiliki pengalaman pengetahuan yang mendalam tentang birokrasi kejaksaan. Selain itu, Jaksa Agung nanti, kata dia, harus mengetahui secara persis problem utama yang dihadapi oleh kejaksaan selama ini.

“Jaksa Agung harus mampu menjadikan institusi ini sebagai lembaga penegak hukum yang independen dan bebas dari penyanderaan politik, bekerja bukan untuk melayani kepentingan politik kelompok tertentu,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, Jokowi tak memilih Jaksa Agung yang berasal dari partai politik agar Kejaksaan Agung bisa menjadi lembaga yang kuat.

“Dia harus punya kemampuan untuk menjadikan kejaksaan sebagai institusi hukum yang paling depan dalam menghadapi problem hukum yang utama. Yaitu kasus-kasus korupsi, dan juga kasus pidana umum lain,” pungkas Benny yang juga mantan kandidat Calon Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT). (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “PKS Harapkan Jaksa Agung yang Bersih”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<