PKL Harus dimanusiakan

pkl

‪JAKARTA, inibangsaku.com – Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) mendesak Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk melakukan pendekatan persuasif kepada Pedagang Kaki Lima (PKL) 

“Pendekatan kemanusiaan, dialogis dan kultural adalah instrumen utama paradigma pemberdayaan PKL,” kata Ketua Umum DPP APKLI  Ali Mahsun M. Biomed di Jakarta, Selasa (25/11). 

Ali Mahsun yang juga dokter alumnus Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, Jawa Timur menambahkan sudah saatnya pendekatan represif, intimidatif, kekerasan bahkan Penggusuran PKL dengan alasan apapun direduksi.  

Karena jelas dan tegas hal tersebut melangar Pancasila dan UUD 1945 karena PKL miliki hak konstitusional yang sama sebagai warga negara. 

‪”Perpres RI No 125/2012 tentang Penataan dan Pemberdayaan PKL adalah sebuah perintah yang harus dilaksanakan segenap pemangku kepentingan (stakeholder), khususnya pemerintah daerah di seluruh tanah air,” tambah Ali menegaskan.  

Ditepi  lainnya, nasib dan masa depan PKL ditentukan ada tidaknya kepastian hukum usaha PKL terkait tata ruang, tata wilayah dan tata waktu. Dan hal tersebut ada ditangan pemerintah daerah Kabupaten, Kota dan Propinsi. Untuk itu Perda Ketertiban Umum harus ditanggalkan diganti Perda Penataan dan Pemberdayaan PKL. 

Paling tidak dengan Peraturan Bupati, Peraturan Walikota dan Peraturan Gubernur dalam menata PKL. Dan tak terkecuali di Jakarta yang melekat Citra Ibukota Negara RI dimata dunia intermasional. 

“Oleh karena itu, yang kesekian kalinya, APKLI mendesak Gubernur DKI Jakarta memanusiakan PKL, menghentikan kekerasan yang sangat tidak manusiawi kepada PKL, menerbitkan Perda Penataan dan Pemberdayaan PKL, dan menanggalkan Perda Ketertiban Umum,” tegas Ali yang juga pria asal Mojokerto, Jawa Timur. (IB/Bahaudin Marcopolo)

You may also like...

0 thoughts on “PKL Harus dimanusiakan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<