PJI Harapkan Jaksa Agung Kalangan Internal

Sumber Foto : Kompas.com
Sumber Foto : Kompas.com

JAKARTA, inibangsaku.com – Meski sudah mengumumkan komposisi menteri dalam Kabinet Kerja, hingga kini Presiden Joko Widodo belum juga menunjuk orang yang bakal duduk sebagai Jaksa Agung.

Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo untuk menunjuk siapa Jaksa Agung baru kedepan. Meski PJI mengharapkan sosok Jaksa Agung dari kalangan internal, karena peran Jaksa Agung sebagai penanggung jawab penegakkan hukum dan penuntut umum tertinggi.

Plt Jaksa Agung yang juga Ketua Umum PJI, Andhi Nirwanto menjelaskan dalam kapasitas organisasi PJI yang beranggota 9200 orang jaksa itu berkeinginan Jaksa Agung merupakan orang yang pernah menjadi Jaksa.

“Saya menangkap aspirasi (PJI) dan ingin sampaikan masyarakat bahwa pada dasarnya Jaksa se Indonesia hendaki Jaksa Agung juga sorang jaksa. Ini tak ada salahnya. Kalau memperhatikan syarat menjadi Jaksa Agung, syaratnya juga antara mengacu diangkatnya sebagai jaksa,” kata Andhi di Kejagung, Jakarta, Rabu (5/11).

Keinginan PJI itu, kata Andhi didapat setelah PJI menggelar rapat paripurna yang intinya bahwa aspirasi itu akan lebih baik dipilih Jaksa Agung adalah anggota PJI. Meski, UU No 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan RI bahwa Jaksa Agung diangkat dan diberhentikan Presiden.

“Disini harus dihormati bahwa jabatan Jaksa Agung itu putusannya merupakan preogratif Presiden. Tapi tak ada salahnya warga Adyaksa untuk bisa Jaksa Agung itu jaksa,” ungkap dia.

Andhi juga menilai, bahwa Jaksa Agung yang dipilih dari internal agar dapat mempersatukan jaksa se Indonesia. Selain itu Jaksa Agung dari internal akan lebih memahami seluk beluk kejaksaan dan mudah mencari solusi dari segala persoalan yang ada di Korps Adhyaksa.

“Yang lebih penting lagi adanya satu komitmen untuk melakukan perubahan yang lebih baik, kejaksaan lebih
berwibawa, sebagai pengak hukum profesional, modern dan dipercaya masyarakat,” tutupnya. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “PJI Harapkan Jaksa Agung Kalangan Internal”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<