Pemilu 2014 Sukses, KPU Tuai Apresiasi

KPU_Lambang_2

JAKARTA, inibangsaku.com –  ‪Penyelenggaraan Pemilu 2014 dinilai jauh lebih baik dibandingkan Pemilu 2009 lalu. Karena itu banyak pihak memberikan apresiasi kepada pihak penyelenggara pemilu yang sudah melaksanakan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres) dengan apik.

“Pemilu 2014 ini patut diapresiasi. Penyelenggaraan jauh lebih baik. KPU mampu menjadi rumah bersama,” ujar Petugas Penghubung atau Liaison Officer (LO) pasangan Calon Presiden-Calon Wakil Presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Yanuar Arief dalam diskusi “Evaluasi Pemilu 2014, Sebuah Pembelajaran” di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Kamis (9/10/2014).

Ia mengatakan, KPU membuka akses yang besar bagi publik untuk mengetahui semua data terkait penyelenggaraan pemilu. Menurut dia, penyelenggaraan Pemilu 2014 menerapkan azas akuntabilitas.

Meski demikian, dia memberi catatan pada daftar pemilih. Yanuar mengatakan, daftar pemilih pemilu tidak akurat antara data ril di lapangan dengan yang tercatat di pusat data KPU.

“Daftar pemilh jadi hal yang tidak selesai dari pemilu ke pemilu, walau Kementerian Dalam Negeri sudah menjamin tidak ada lagi masalah. Kenyataannya, baik dalam pileg an pilpres, data pemilih masih menjadi masalah,” kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Hal senada juga disampaikan LO pasangan Capres-Cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla, Sudyatmiko Aribowo. Ia mengatakan, data pemilih sudah bermasalah sejak data diberikan oleh Kemendagri berupa Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Buntutnya, kata Miko, masalah terus mengemuka saat dimutakhirkan oleh KPU.

Di sisi lain, Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengatakan, pihaknya telah menyelenggarakan Pemilu 2014 secara lebih baik dibandingkan pada 2009. Terkait masukan beberapa pihak terkait penyelenggaraan pemilu di semua tahapan, Ferry mengatakan, KPU akan mencatatnya.

“Selain untuk masukan bagi penyelenggaraan Pemilu 2019, catatan itu juga akan menjadi dasar bagi KPU untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah yang digelar pada peridoe 2015 hingga 2017,” tutup Ferry. (IB/Marcopolo)
Sumber Foto : Istimewa

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Pemilu 2014 Sukses, KPU Tuai Apresiasi”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<