Pemilihan Jaksa Agung, Libatkan Publik

Kejagung_1

JAKARTA, inibangsaku.com – Mantan anggota DPD RI periode 2009-2014 Laode Ida berharap agar presiden Joko Widodo melakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and propes test) dalam memilih kandidat Jaksa Agung.

“Jaksa Agung yg akan segera ditetapkan oleh Presiden Jokowi sebaik nya diseleksi dengan melibatkan publik dan atau melalui tes kelayakan dan kepantasan,” kata Laode dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (4/11).

Mantan senator Sulawesi Tenggara menambahkan bahwa kandidat Jaksa Agung harus mempresentasikan strategi kepemimpinan di jajaran kejaksaan untuk membantu menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih ke seluruh daerah di Indonesia.

Terlebih hingga saat ini jajaran kejaksaan masih sangat tumpul atau bahkan mandul dalam gerakan pemberantasan korupsi, di mana terkadang “dipermalukan oleh KPK” ketika menangkap para pejabat daerah yg korup.

“Jika saja kejaksaan punya taji harusnya aparatnyalah yang mengeksekusi para koruptor itu. Karena kejaksaan memiliki aparat yang memadai sampai ke seluruh daerah di indonesia, sementara KPK hanya ada kantor di jakarta dgn fasilitas dan personal yang sangat jauh dari memadai,” kata Laode menambahkan.

Berkaca dari kenyataan itulah maka calon jaksa agung harus mempresentasikan pokok-pokok pikirannya di hadapan publik atau di hadapan tim penilai khusus yang netral, kredibel dan profesional — sekaligus jadi bagian dari janji yang bisa digunakan sebagai standar kinerja oleh presiden jokowi.

“Para calon jaksa agung bisa datang dari dalam, bisa juga dari luar. Yang terpenting adalah komitmennya, juga harus terbukti dgn kredibilitas dan track reccord-nya selama ini,” tutup Laode. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Pemilihan Jaksa Agung, Libatkan Publik”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<