Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Di Pulau Enggano Ditentang Warga Setempat

penggano

JAKARTA, inibangsaku.com – Wacana untuk membangun lembaga pemasyarakatan di pulau Enggano yang di rencanakan oleh Kementrian Hukum dan Ham di tentang oleh masyarakat setempat. Masyarakat kepulauan kabupaten Bengkulu utara tersebut mengatakan bahwa lahan yang tersedia sangat terbatas.

“Jangankan untuk membangun lembaga pemasyarakatan, tanah masyarakat untuk lahan tinggal saja sangat terbatas” kata kepala suku Kaitora pulau enggano, Raffli Zen Kaitora di Bengkulu, selasa 3 februari 2015.

Alasan lainnya adalah bahwa ekosistem di pulau Enggano sangat rentan. Ancaman mengintai bila penebangan hutan dilakukan secara berelebihan atas pulau tersebut. Ketersediaan air bersih juga turut menjadi permasalahan di pulau berpenghuni 3.417 jiwa tersebut.

Saat ini masyarakat lebih membutuhkan pengembangan ekonomi kreatif di sektor perikanan dan wisata bahari.

Bahkan hingga saat ini pun rencana Kanwil Hukum dan HAM provinsi Bengkulu untuk membangun Lembaga Pemasyarakatan pun belum di komunikasikan kepada warga setempat.

Berawal dari usulan Bupati Bengkulu utara Imron Rosyadi dan kepala lembaga pemasyarakatan Bengkulu utara, kemudian diajukan ke kantor wilayah hukum dan HAM untuk di sampaikan secara tertulis ke kementrian Hukum dan HAM atas ketersediaan lahan minimal lima hektar di pulau Enggano untuk membangun lembaga pemasyarakatan.

Sementara itu Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengatakan sebaiknya Kementrian Hukum dan HAM memprioritaskan pembangunan lembaga pemasyarakatan di kota Bengkulu yang telah kelebihan kapasitas dan belum tersedianya LP di beberapa kabupaten seperti Muko-muko dan Kaur.

Pulau enggano merupakan pulau terluar di Indonesia dan terletak di samudera Hindia dan berbatasan dengan India. Luas wilayah pulau enggano mencapai 40 kilometer persegi dan terdiri dari 6 desa yaitu desa Banjarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana, dan Kahyapu.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Pembangunan Lembaga Pemasyarakatan Di Pulau Enggano Ditentang Warga Setempat”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<