Pelantikan Ahok Sebagai Gubernur Jakarta Dipandang Istimewa

aaa21

JAKARTA, inibangsaku.com – Pemikir politik dan sosial asal Lingkar Madani untuk Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menilai pelantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta adalah hal yang istimewa. 

Betapa tidak, Ahok dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara sebagai Gubernur DKI Jakarta. 

“Keistimewaan tersebut menandai tiga simbol penting demokrasi kita,” kata Ray di Jakarta, Kamis (20/11). 

Untuk alasan pertama Ray menjelaskan bahwa dilantiknya Ahok adalah tanda bahwa Kepala Daerah berada dalam posisi terhormat. Mereka tidak boleh dipandang sebelah mata dan harus diberikan kesetaraan  sebagai mitra dalam membangun bangsa Indonesia. 

“Kedua Efek dari  situ adalah mempertegas bahwa membangun masa depan Indonesia berarti memulainya dari  daerah. Daerah harus diberi keleluasaan untuk  membangun sendiri potensi mereka,” tambah Ray menegaskan. 

Bahwa dalam tataran praktek masih terdapat berbagai persoalan dan terkadang kericuhan harus dipandang sebagai  kejadian natural yang jika  terus menerus didialogkan dan terus diasah akan menuju ke konsolidasi. 

“Daerah bukan bawahan pusat. Pembangunan nasional tak bisa lagi  melulu melaui desain dan kehendak pusat,” tambah Ray menegaskan. 

Kemudian alasan ketiga Pelantikan Ahok juga  menandai penguatan kualitas demokrasi  Indonesia. Politik yang  didasarkan pada  kebencian dan rasialisme makin tak mendapat tempat di Indonesia. NKRI yang kuat meniscayakan penghomatan dan pemberdayaan atas perbedaan.  

“Rasialisme dan kebencian adalah musuh pertama dari NKRI. Karena itu Pelantikan Ahok memperteguh keinginan kita untuk  menciptakan NKRI yang  sehat. Di mana hak semua warga negaranya sama, tak pandang bulu,” demikian Ray. (IB/Bahaudin Marcopolo)

You may also like...

0 thoughts on “Pelantikan Ahok Sebagai Gubernur Jakarta Dipandang Istimewa”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<