PDIP : Pemerintah dan DPR Harus Saling Menguatkan

PDIP_Eva_Kusuma_Sundari_

JAKARTA, inibangsaku.com – Politisi PDI Perjuangan Eva Sundari menegaskan, antara pemerintah dan parlemen sejatinya harus saling menguatkan, bergotong royong dan tidak menjatuhkan satu sama lain.

Menurut Eva dalam sistem presidensial tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPR RI adalah mengawasi dan mengontrol segala kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

“Bukan penghambat atau menggagalkan program-program pemerintah untuk melaksanakan perintah UUD 45,” katanya dalam keterangan pers kepada redaksi, Kamis (9/10).

Lebih lanjut Eva menambahkan  Alangkah ironis jika Joko Widodo dan Jusuf Kalla  yang ingin mewujudkan kedaultan politik, ekonomi berdikari dan membangun kepribadian bangsa (TRISAKTI) justru dijegal di parlemen.

Eva juga mengkritik sikap adik kandung Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo yang berniat menjegal bahkan memboikot duet Jokowi-Kalla.

“Sepatutnya Pak Hasyim Joyo paham bahwa dalam sistem presidensiil ada prinsip keterpisahan kekuasaan antara legislatif – eksekutif dan yudikatif. Tidak bisa saling menjatuhkan, ini untuk mewujudkan prinsip check and balance yang menjadi syarat demokrasi. Tidak ada dominasi kekuasaan satu atas lainnya sepertit jaman Orba dimana kekuasaan terkonsentrasi di eksekutif/presiden. Hal ini jangan sampai terulang mis, tersentralisasi di parlemen mis,” jelasnya.

Selain itu eva mengatakan, prinsip independesi hukum sebagai buah reformasi yang dijamnin (revisi) konstitusi harus dihormati dan ditaati. Kasus-kasus yang sudah ditangani pengadilan tidak boleh diintervensi parlemen/politik seperti transjakarta ataupun APBD Solo.

“Lalu DPR bisa menggunakan hak angket, interpelasi dan hak bertanya tetapi atas suatu kasus yang difinitif/faktual sesuai di MD3. Sehingga jadi aneh, sesat pikir atas niat menghambat, menghalangi bahkan meng-impeach Jokowi sebelum pelantikan presiden,” terangnya. (IB/Marcopolo).

Sumber Foto : Istimewa 

Tags

You may also like...

0 thoughts on “PDIP : Pemerintah dan DPR Harus Saling Menguatkan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<