PDIP Pecah?

PDIP

JAKARTA, inibangsaku.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terancam mengalami perpenahan internal. Salah satu pemicunya adalah adanya marginalisasi kepada kader-kader senior PDIP.

Pemikir politik dan social Universitas Padjajaran (Unpad) Obsatar Sinaga menilai gagalnya Rieke Dyah Pitaloka dan Effendi Simbolon masuk dalam Kabinet Kerja Joko WIdodo-Jusuf Kalla (Jokowi-Kalla) adalah salah satu sebab-musabbab utama dari perpecahan internal dalam tubuh partai politik berlambang banteng dengan moncong putih tersebut.

Bukan hanya itu, kedua politisi senior PDIP tersebut juga menolak keras kebijakan Presiden Joko WIdodo yang dalam waktu dekat akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Adanya kader senior yang dimarginalkan merupakan potensi konflik yang bisa muncul tiba-tiba dalam tubuh PDIP,” kata Obsatar saat dihubungi dari Jakarta, Senin (17/11).

Menurut Obsatar beberapa kader PDIP senior dan relawan yang mendapat perlakuan marginal tentu merasa sakit hati. Betapa tidak, sejak awal mereka berjuang sekuat tenaga memenangkan Joko WIdodo dalam pemilu presiden (pilpres) lalu. Namun demikian saat Joko WIdodo berhasil duduk sebagai Presiden ketujuh RI mereka dimarginalkan dan tidak masuk dalam kabinet Kerja Joko WIdodo-Jusuf Kalla.

“Padahal mereka sudah digadang-gadang menjadi menteri,” tambah Obsatar menegaskan.

Masih kata Obsatar, ia merasa yakin regenari pucuk pimpinan dalam tubuh PDIP lambat laun pasti akan berganti. Namun demikian bukan perkara mudah untuk maju dan tampil sebagai kandidat Ketua Umum DPP PDIP, sebab dominasi dan hegemoni Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum DPP PDIP masih demikian kuat.

Sejak tahun 1993 hingga kini jabatan Ketua Umum DPP PDIP masih melaket erat dalam tubuh Megawati Soekarnoputri. Bahkan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke IV di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu lalu, Presiden Kelima Republik Indonesia tersebut didaulat untuk melanjutkan kepemimpinan nasional hingga tahum 2020 mendatang.

“Secara alami regenerasi partai akan berjalan, tapi tidak untuk 5 sampai 10 tahun ini. Sebab ibu Mega bakal naik lagi. Dan beliau juga sudah menyiapkan putra mahkota untuk menggantikannya,” demikian Obsatar. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “PDIP Pecah?”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<