Okky Soroti Kemenkes

okky1

JAKARTA, inibangsaku.com – Komposisi kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-Kalla) secara khusus direspon Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Okky Asokawati. Secara khusus Okki menyoroti proses rekruitmen menteri Kesehatan dalam kabinet Jokowi-Kalla.

Menurutnya rekrutmen menteri di Kabinet Kerja ini hingga pelantikan, sepanjang informasi di publik, tidak didahului dengan tes kesehatan yang meliputi tes jiwa dan fisik. Padahal di UU Pasal 74 ayat (1) UU No 18 Tahun 2014 tentang Kesehatan Jiwa secara tegas disebutkan kewajiban pemeriksaan jiwa bagi calon pejabat.

“Untuk melaksanakan pekerjaan tertentu atau menduduki jabatan tertentu, wajib dilakukan pemeriksaan Kesehatan Jiwa”. Ini tentu sangat disayangkan, Presiden Jokowi mengabaikan amanat UU Kesehatan Jiwa,” katanya dalam keterangan pers kepada redaksi, Selasa (28/10).

Terkait dengan penunjukan Menteri Kesehatan Ibu Nila Moeloek, ia  berharap dengan segala pengetahuan dan informasi yang beliau dapatkan selama menjadi ketua MDGs (Millenium Development Goals) diharapkan dapat menjadikan indeks kesehatan manusia Indonesia lebih bagus. Beliau diharapkan mengetahui mana yang dipercepat dan mana yang difasilitasi.

Selain itu anggota Fraksi PPP di Parlemen berharap Menkes baru bisa melakukan komunikasi dengan menteri lainnya di Kabinet Kerja seperti Bappenas dan Menteri Keuangan, agar anggaran kesehatan sebagaimana amanat konstitusi yakni 5 persen dari APBN dapat terpenuhui. Karena selama 5 tahun terakhir ini, anggaran kesehatan tidak mencapai sebagaimana amanat konstitusi. Seperti pada tahun 2009, anggaran kesehatan sebesar 2,2 persen, dan tahun 2014 ini turun menjadi 1,9 persen.

“Kami berharap jangan sampai berkurang anggaran kesehatan. Apalagi Jokowi dengan ide Kartu Indonesia Sehat (KIS) jangan sampai overlap dengan BPJS Kesehatan. Parlemen meminta penjelasan apa bedanya antara KIS dan BPJS. Kalau Kartu Jakarta Sehata (KJS) dari APBD, tidak mungkin juga bila KIS diambil seluruhnya dari APBN. Menkes harus bisa menjelaskan ke Parlemen apa perbedaan secara filosofis dan operasional di lapangan antara BPJS dan KIS,” demikian Okki. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Okky Soroti Kemenkes”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<