Nama Pluit diambil Dari Nama Kapal Belanda

pliut

JAKARTA, inibangsaku.com – Saat ini kawasan Pluit termasuk dalam wilayah Kecamatan Penjaringan, Kotamadya Jakarta Utara. Kawasan tersebut dikenal dengan perumahan mewahnya.

Rachmat Ruchiat dalam bukunya berjudul “Asal-Usul Nama Tempat di Jakarta” mengatakan bahwa nama Pluit mulai mencuat dan tertera dalam dokumen  penjajah Kolonial Belanda pada awal abad ke 20.

Menurut Peta yang diterbitkan oleh Topograpisch Bureau Batavia pada tahun 1903 lembar H bagian II dan III juga pada peta Platteground van Batavia  yang dibuat Biro arsitek Batavia sebutan kawasan tersebut adalah Fluit atau lengkapnya adalah “Fluit Muarabaru”. Dalam bahasa Belanda sendiri kata Fluti berarti suling-bunyi suling.

Namun demikian ada vers lain yang mengatakan bahwa nama Pluti berasal dari nama sebuah kapal milik Belanda. Sekitar tahun 1660 dipantai sebelah timur Muara Kali Angke ditempatkan sebuah kapal layar panjang berlunas samping atau dalam bahasa Belanda disebut “Fluitschip”.

Kapal Belanda yang disandarkan tersebut ternyata sudah rusak dan tidak bisa digunakan untuk melaut kembali. Walhasil pihak penjajah menjadikan bangkai Kapal tersebut sebagai salah satu kubu pertahanan untuk membantu benteng Vijhoef yang letaknya dekat pinggir Kali Grogol, sebelah timur Kali Angke. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya membendung serangan Kesultanan Banten yang demikian massif. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Nama Pluit diambil Dari Nama Kapal Belanda”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<