Nama Cawang Berasal Dari Letnan Enci Awang

Cawang_1

JAKARTA, inibangsaku.com – Saat ini kawasan Cawang masuk dalam Kotamadya Jakarta Timur. Nama Cawang sendiri berasal dari seroang perwira asal Melayu yang bekerja dan mengabdi pada pemerintahan Kolonial Belanda di pertengahan abad ke 17.

Rachmat Ruchiat dalam bukunya berjudul ‘Asal-Usul Nama Tempat di Jakarta’ menjelaskan, perwira cakap tersebut bernama Anwar dan merupakan anah buah dari Kapten Wan Abdul Bagus. Nama Anwar sendiri sulit sekali untuk diucapkan oleh pemerintahan Kolonial Belanda. Kalangan penjajah tersebut memanggil Anwar dengan dengan sebutan Letnan Enci Awang.

Seiring dengan berjalannya waktu dan pesatnya jumlah penduduk Melayu di kawasan tersebut, maka daerah tersebut lama kelamaan berubah namanya menjadi Cawang. Selama hidupnya Letnan Enci Awang menjadi bawahan Kapten Wan Abdul Bagus dan mengandikan dirinya bekerja kepada pemerintah kolonial Belanda.

Letnan Enci Awang sendiri tidak jelas akhir hidupnya. Apakah ia menjadi salah seorang staff menemani Kapten Wan Abdul Bagus sebagai Duta Besar (Regering Commisionaris) untuk kawasan Sumatera Barat juga tidak ditemukan catatan atas peristiwa tersebut.

Pada tahun 1795, kawasan Cawang menjadi milik tuan tanah Belanda kaya raya, Pieter Van Den Valde. Tuan tanah asal negeri kincir angin tersebut juga menguasai banyak kawasan di Batavia, semisal Tanjung Timur, Cikeas, Pondok Terong, Cililitan hingga Tanjung Priok. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Sumber Foto : Istimewa

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Nama Cawang Berasal Dari Letnan Enci Awang”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<