Misteri Tjipetir Asal Sukabumi di Pantai Eropa

dian Sejarah 1,297 views 0 0
ib

IniBangsaku – Selama beberapa tahun terakhir, blok persegi mirip karet yang diperkirakan berusia 100 tahun bertebaran di pantai-pantai Inggris dan Eropa bagian utara. Ada tulisan ‘Tjipetir’.

Bermula dari seorang perempuan bernama Tracey Williams berjalan-jalan dengan anjingnya di pantai dekat rumahnya di Newquay, Cornwall pada musim panas tahun 2012, seperti dikutip dari laman BBC edisi 1 Desember 2014. Ketika itulah dia menemukan benda kotak di pasir pantai. Ketika dipegang, benda dengan tulisan ‘Tjipetir’ terasa kenyal seperti karet.
Beberapa pekan kemudian, dia menemukan benda serupa di pantai lain. Penasaran, dia mulai meriset asal-muasal blok misterius itu. Apa yang dia pelajari termasuk cerita soal puing-puing kapal dan Titanic. Dari penelitiannya, dia yakin bahwa kata ‘Tjipetir’ berasal dari wilayah perkebunan karet di Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. Perkebunan itu beroperasi pada akhir abad 19 hingga awal abad 20. Dan, hal ini diamini otoritas Inggris.

Blok-blok persegi itu tak terbuat murni dari karet. Kemungkinan, blok ini terbuat dari getah perca yang banyak ditemukan di Semenanjung Malaya dan Malaysia. Di akhir abad 19 dan pertengahan 20, blok-blok itu dipakai sebagai insulasi kabel telegraf yang melintang di dasar laut. Sebelum penggunaan plastik meluas, getah perca dipakai juga untuk berbagai macam, seperti bola golf, hidung boneka teddy bear, frame foto, dan perhiasan.

Facebook

Williams kemudian mengunggah temuannya itu ke Facebook. Rupanya, banyak orang yang merespons dan mengakui bahwa merekapun menemukan blok-blok Tjipetir itu di pantai negaranya masing-masing. Ya, tak hanya di Inggris, blok-blok persegi itu juga ada di Wales, Shetland, Kepulauan Channel, Spanyol, Prancis, Belanda, Jerman, Norwegia, Swedia, hingga Denmark. Ada spekulasi yang menyebut Tjipetir itu berasal dari kapal Titanic yang tenggelam. “Koran di Prancis menurunkan berita bahwa Titanic membawa getah perca ini,” kata William.

Dia lantas mencek manifes kapal dan menemukan bahwa Titanic memang membawa getah perca dan bal karet. Spekulasi makin meluas. Hingga musim panas 2013, Williams menemui titik terang. Dia dikontak secara terpisah oleh dua orang, yang tidak ingin diungkap identitasnya. Keduanya merujuk sebuah kapal sebagai sumber blok Tjipetir, yaitu Miyazaki Maru. Kapal asal Jepang itu ditenggelamkan kapal selam Jerman, U-88, yang dikomandani Kapten Walther Schwieger pada 31 Mei 1917. Kala Perang Dunia I. Miyazaki Maru kemudian karam 241,5 kilometer sebelah barat Kepulauan Scilly, antara Inggris dan Prancis.Fakta itu diamini Alison Kentuck, seorang pejabat Inggris yang menangani kapal karam di perairan Inggris. Menurutnya, blok-blok itu berasal dari Miyazaki Maru.

Williams, yang kini menulis buku mengenai blok Tjipetir, mengatakan sebagian besar blok dalam kondisi baik. Bahkan, ada nelayan yang memakainya untuk talenan. ( ary )

sumber : rtv.co.id

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Misteri Tjipetir Asal Sukabumi di Pantai Eropa”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<