Meski Cacat, Mahasiswa Indonesia Lulus Sempurna di Qatar

ZUL

Inibangsaku.com – Jangan pernah biarkan kecacatanmu menang.” Itulah pesan yang selalu diingat Rakhmat dari sang ayah. Sebagai pemuda yang lahir dengan kebutuhan khusus, kalimat itu seolah menjadi bahan bakar untuk mewujudkan segala cita.

Pemuda bernama lengkap Muhammed Zulfikar Rakhmat itu memang terlahir tak sempurna. Sejak lahir dia mengalami gangguan syaraf motorik, sehingga kedua tangannya sulit bergerak. Jangankan menulis, untuk memegang sesuatu saja susah. Kondisi itu juga membuatnya gagap, tak lancar bicara.

Namun, di balik segala kekurangan itu, pemuda Semarang ini punya prestasi cemerlang. Bulan lalu, dia lulus dari jurusan Hubungan Internasional di Universitas Qatar. Program sarjana itu bisa dia selesaikan dalam kurun tiga setengah tahun saja.

Soal nilai, jangan ditanya. Dia lulus dengan nilai hampir sempurna: 3,93. Prestasi mencorong ini pula yang membuatnya mendapat beasiswa penuh untuk kuliah ke jenjang lebih tinggi lagi.

Cerita Rakhmat ini membetot perhatian publik di Qatar. Dia bahkan berkesempatan bertemu dengan pemimpin negeri di Timur Tengah itu. Foto wisuda yang diunggah ke jejaring sosial Facebook milik Universitas Qatar langsung mendapat 700 jempol dan juga puluhan pujian.

Saat ini, Rakhmat masih berada di Qatar. Dia tengah sibuk melakukan penelitian untuk organisasi di Indonesia yang fokus pada penyandang cacat di Palestina. Tapi dia segera terbang ke Inggris untuk menempuh program master Politik Internasional di Universitas Manchester.

Cita-cita utamanya adalah menjadi profesor dan peneliti. Dia berharap bisa melanjutkan pendidikan ke program Ph.D setelah program master itu selesai. Dia juga berharap bisa mewakili suara kaum penyandang cacat yang kerap diabaikan oleh masyarakat.

“Ketidakmampuan fisik bukanlah ketidakmampuan sebenarnya. Ketidakmampuan sebenarnya adalah menyerah dengan mudah,” tutur Rakhmat.

(sumber:dream)

You may also like...

0 thoughts on “Meski Cacat, Mahasiswa Indonesia Lulus Sempurna di Qatar”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<