Menteri Anies Tegaskan Reformasi Pendidikan

Anis-Baswedan

JAKARTA, inibangsaku.com – Reformasi pendidikan merupakan pekerjaan rumah yang harus dibenahi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan mengatakan permasalahan pendidikan tidak hanya menimpa Indonesia. Bahkan, negara-negara luar pun mengalami pasang surut pendidikan. Namun, negara asing mampu bangkit karena kerja sama dari beberapa elemen.

“Banyak yang memiliki masalah sama tapi mereka kerja sama. Contohnya Tiongkok mereka melakukan Evaluasi Hijau,”kata Anies dalam pidato di hadapan Kepala Dinas se-Indonesia, Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (1/12/2014).

Beberapa persoalan pendidikan yang berhasil dievaluasi Tiongkok yaitu persoalan moral, akademik, kesehatan, serta pengembangan minat dan bakat. Mantan Rektor Universitas Paramadina ini mencontohkan keberhasilan Korea Selatan dalam melakukan reformasi pendidikan.

“Kita jangan anggap negeri lain tidak berkaca dan tidak berubah. Tapi mereka berubah dan kita harus mau melakukan perubahan,”kata Anies.

Penggagas program Indonesia Mengajar tersebut mengajak semua tenaga pengajar untuk kembali ke konsep Ki Hajar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan. Anies menyebut selama ini sosok Ki Hajar Dewantara dan Tut Wuri Handayani banyak yang tidak diketahui oleh para pengajar.

“Kita harus wajib tau dan baca buku Ki Hajar Dewantara yang selama ini terlupakan,”kata Anies.

(sumber:tribunnews)

You may also like...

0 thoughts on “Menteri Anies Tegaskan Reformasi Pendidikan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<