Mengenal Kopi Indonesia (1)

Foto: startupbizhub
Foto: startupbizhub

Indonesia dikenal sebagai negara produsen kopi terbaik di dunia. Ratusan ton kopi Indonesia per tahun membajiri pasar kopi dunia. Kopi Indonesia sangat diakui karena rasanya yang unik dan berbeda yang datangnya dari berbagai varian kopi yang tumbuh di beberapa tempat di Indonesia.

Kopi bukan sekedar tanaman perkebunan yang menghasilkan kemakmuran. Lebih dari itu kopi sudah menjadi kebudayaan bangsa Indonesia. Perlakukan tanaman kopi kemudian memanennya dianggap memberikan sumbangan bagi kebiasaan wilayah tertentu. Begitu juga dengan cara memanggang, menggiling/menumbuk dan menyeduh kopi menjadi bagian yang memperkaya kearifan lokal.

Ciri khas kopi Indonesia memiliki tingkat keasaman yang rendah yang disukai oleh kebanyakan orang. Di beberapa wilayah yang menjadi perkebunan kopi menghadirkan karakter dan profil kopinya yang menjadi ciri khas wilayah tersebut.

Menurut asosiasi kopi Indonesia, rasa kopi Indonesia dapat dikenali dari rasa dan aromanya. Seperti Sumatra memiliki aroma yang kuat kokoa, tanah dan tembakau. Kopi Jawa lebih padat, rasanya tak pudar sampai tetes terakhir dan beraroma herbal. Kopi Bali terasa lebih manis dibandingkan kopi Indonesia lainnya dengan aroma kacang dan citrus. Kopi Sulawesi memiliki rasa, manis pula dengan aroma rempah-rempah. Kopi Flores lebih berat, manis dengan aroma cokelat dan tembakau. Kopi Papua padat dengan rasa cokelat, tanah dan pedas.

 

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Mengenal Kopi Indonesia (1)”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<