Mengembangkan perternakan Rakyat Melalui Sapi Dengan Kualitas Terbaik

sapi-potong

Inibangsaku.com – Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mengamankan stok dan harga daging sapi di pasaran. Selain memberikan izin impor kepada Badan Urusan Logistik (Bulog), pemerintah juga siap mengembangkan sapi berbasis peternakan rakyat.

Pengembangan sapi berbasis peternakan rakyat ini sudah dilakukan di Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mangatas, Sumatera Barat yang memiliki 1.200 ekor populasi sapi hidup di atas lahan seluas 250 hektare (ha).

Untuk pengembangan sapi berbasis peternakan rakyat, Kementerian Pertanian (Kemtan) juga membangun Sekolah Peternakan Rakyat (SPR). Pendidikan SPR ini menjadi media yang akan melakukan indentifikasi potensi ternak dalam mengumpulkan dan mendapatkan akurasi data ternak. Selain itu, SPR juga diharapkan memperkuat kapasitas lini teknis di lingkungan peternakan rakyat.

Menurut Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Muladno Basar, pengembangan peternakan rakyat ini merupakan salah satu strategi pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada sapi impor dan menuju swasembada daging sapi yang telah dicanangkan pemerintah.

Menurutnya, pengembangan peternakan rakyat menjadi fondasi kuat untuk menjawab krisis impor sapi yang menjadi penyakit tahunan negeri ini. “Selain mendukung pengembangan peternakan rakyat, pemerintah juga mempercepat dan memperkuat orientasi pada peningkatan kesejahteraan peternak rakyat,” ujar Muladno, Rabu (12/8).

Dengan berkembangnya setra peternakan milik masyarakat, Muladno optimistis pemerintah bisa melawan hegemoni para oknum importir daging sapi yang selama ini kerap mengambil keuntungan di luar batas kewajaran dengan memainkan hargadaging sapi.

Kepala BPTU-HPT Padang Mangatas Sugi Sugiono menambahkan, BPTU Padang Mangatas bersedia menjadi inspirasi gerakan SPR di seluruh Indonesia. Ia menilai, SPR menjadi gerakan sosial baru yang berangkat dari kekuatan peternakan rakyat, sehingga dapat membangun sentra peternakan rakyat di tiap daerah.

Sugi mengklaim, BPTU-HPT Padang Mangatas telah berhasil mengembangkan pembibitan ternak sapi dengan baik dan siap untuk mengawal pengembangan sentra peternakan rakyat.

(sumber:Tribun)

You may also like...

0 thoughts on “Mengembangkan perternakan Rakyat Melalui Sapi Dengan Kualitas Terbaik”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<