Mengelola Keuangan Sejak Dini

Foto: save-money-guide
Foto: save-money-guide

Mengatur atau mengelola keuangan gampang-gampang susah, dikatakan gampang bila mengerti dan disiplin dalam mengeluarkan uang. Susah bila kita pernah mau disiplin dan menahan hasrat untuk mengeluarkan uang. Banyak godaan di luar sana yang sebenarnya tidak memberikan manfaat apapun ketika kita mengeluarkan uang. Misalnya berbelanja sepatu karena tergoda diskon besar. Padahal sepatu yang dibeli sebulan atau dua bulan yang lalu masih bagus.
Orangtua kita tidak dapat dipersalhkan, guru-guru juga tidak untuk dipersalahkan. Semua percaya orang akan menemukan formulanya sendkiri seiring dengan waktu berjalan. Namun kenyataan dalam keseharian tidaklah begitu. Masih banyak orang-orang yang kemudian terjebak dalam kesulitan untuk mengelola keuangannya. Sebenarnya permasalahan tetap pada pribadi yang memiliki uang tersebut. Diperlukan kedisiplinan dan kesadaran pengelolaan keuangan sejak usia dini. tentunya yang dimaksudkan usia dini adalah usia anak-anak bersekolah.

Akan jauh lebih mudah bila sejak anak-anak seseorang sudah dididik untuk menghargai uang dan cara mengelolanya. Bisa jadi orangtua agak kesulitan namun bukan berarti tidak ada cara untuk mendidik anak-anak kita itu. Ada aplikasi baru bernama Sistem Informasi Pendidikan (SIP) yang dibesut oleh Project6ID untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Dengan menggandeng BNI sebagai bank terbesar di Indonesia, SIP sudah diimplementasikan di lebih dari 500 sekolah di Indonesia yang terus berkembang di masa depan.

Aplikasi SIP TapCash BNI ini tak hanya tentang performa anak-anak di sekolah dan menjalin komunikasi yang lebih erat lagi dengan orangtua murid. Lebih dari itu aplikasi ini juga menyediakan kemudahan orantua untuk memantau pergerakan uang yang ada pada anaknya. Uang yang dimasukan dalam TapCash BNI dapat mudah terpantau oleh orangtua.

Dengan sistem yang terintegrasi antara kartu siswa dengan TapCash BNI, SIP memberikan fasilitas e-wallet yang mendidik anak-anak untuk dengan bijak menggunakan uang yang ada dalam kartunya itu. Orangtua dapat memberikan advicenya seputar pemakaian uang tersebut sesuai dengan notifikasi SMS yang terkirim pada smartphonenya. Aplikasi ini mengajarkan anak-anak untuk selalu berpikir terlebih dahulu sebelum berbelanja. Seperti jumah uang yang tersimpan dalam TapCashnya, juga kebutuhan yang diperlukan untuk keesokan hari dan hari-hari berikutnya.

Aplikasi ini tak serta-merta memberikan anak uang jajan dalam bentuk cash. Uang tetap diberikan dengan pendidikan pengelolaan di belakangnya. Dengan demikian anak-anak kelak akan terbiasa untuk .lebih disiplin dalam mengelola keuangannya ketika sudah memiliki penghasilannya sendiri.

(Sumber: http://www.bisnisindeks.com/mengelola-keuangan-sejak-usia-dini/)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Mengelola Keuangan Sejak Dini”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<