Memperingati Hari Pahlawan – Istighosah Akbar Langgar Agung Pangeran Diponegoro

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan Hari Lahir Pangeran Diponegoro, 11 November 1785 Pemuda Ini Bangsaku melakukan istighosah mengingat jasa beliau yang besar untuk indonesia terutama di kota Yogyakarta.

Perang Diponegoro adalah perang besar yang terjadi di Yogyakarta dan sekitarnya, perang ini terjadi antara penjajah Belanda yang di pimpin oleh De Kock melawan pribumi  di bawah pimpinan Pangeran Diponegoro. Perang yang berkecamuk di Yogyakarta memakan korban tak terhitung jumlahnya. Di pihak pribumi jatuh korban 200.000 orang dan penjajah Belanda 8.000 serdadu. Perang ini berlangsung selama 5 tahun antara 1825-1830. Praktik kolonial yang dilakukan belanda membuat rakyat Indonesia sengsara. Hal ini membuat perlawanan sengit dari rakyat Indonesia.namun di lingkungan istana Yogyakarta ada 2 golongan,satu menentang belanda dan pihak lainnya ikut membela Belanda.

Acara ini dilakukan untuk menambah minat mengetahui sejarah pahlawan Indonesia. Pemuda Ini Bangsaku berupaya untuk tetap mengangkat dan mengingatkan betapa besarnya jasa yang sudah di berikan Pangeran Diponegoro untuk tanah Indonesia khususnya tanah Yogyakarta.

Pada tanggal 09 November 1945 pemuda Ini Bangsaku menggelar acara Istighosah Akbar di Kompleks Langgar Agung Pangeran Diponegoro, di Desa Menoreh, Kec.Salaman, Magelang.

Dengan susunan acara sebagai berikut:
1. Ziarah ke Astana Mangadeg, Makam Penguasa Mangkunegaran dan Kerabat dekat Praja Mangkunegaran.
2. Ziarah ke Makam Raja-raja Mataram – Kotagede.
3. Pawai Budaya dari para pelajar dan masyarakat setempat.
4. Santunan anak Yatim Piatu desa Salaman Magelang.
5. Istighosah Akbar di Kompleks Langgar Agung Pangeran Diponegoro

 

 

You may also like...

0 thoughts on “Memperingati Hari Pahlawan – Istighosah Akbar Langgar Agung Pangeran Diponegoro”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<