Marunda, Sejenis Mangga Berbau Wangi

Masjid-Al-Alam-Marunda1

JAKARTA, inibangsaku.com – Kawasan Marunda bukan hanya terkenal dengan legenda pesilat tanah Betawi, Si Pitung saja. Kawasan Marunda yang merupakan bagian dari pesisir pantai utara Pulau Jawa sejak dahulu kala sudah ramai disambangi oleh banyak orang,  baik pedagang, pengembara hingga kolonial Belanda.

Saat ini kawasan Marunda menjadi sebuah kelurahan, Kecamatan Cilincing dan Kotamadya Jakarta Utara.

Rachmat Ruchiat dalam bukunya berjudul ‘Asal-Usul Nama Kota di Jakarta’ menjelaskan ada banyak versi terkait asal-muasal penggunaan nama Marunda. Sebagian orang mengatakan nama Marunda diambil dari nama sungai yang mangalir melintasi kawasan pesisir tersebut.

Sebagian yang lain mengatakan bahwa sebutan ‘Marunda’ identik dengan sebuah pohon sejenis mangga yang aromanya menyengat dan biasa disebut dengan Kebembem.  Kala itu penduduk sekitar menyebut Kebembem dan sebutan Marunda.

Pemerintah kolonial Belanda sendiri mulai menyebut nama Marunda pada pertengahan abad ke 17, tepatnya pada tahun 1664. Kala itu pemerintah Kolonial Belanda membangun sebuah parit ditepi bagian barat Sungai Marunda.

Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin kerasnya perlawanan penduduk pribumi terhadap penjajahan kolonial Pemerintah Belanda. Kawasan Marunda dijadikan sebagai salah satu basis pertahanan tentara Kolonial Belanda.

Pada tanggal 19 September 1747, kawasan Marunda diresmikan sebagai salah satu parit pertahanan yang dimiliki kolonial Belanda. Sebagai salah satu benteng pertahanan tentu saja pemerintah Kolonial Belanda dan VOC melengkapi Marunda dengan standar kelengkapan militer.

Kemudian pemerintah kolonial Belanda menunjuk Justinus Vinct sebagai orang yang ditugasi untuk menjaga dan merawat kawasan Marunda. Vinct sendiri adalah seorang tuan tanah yang kaya raya dan menguasai kawasan Pasar Senen, Kwitang, Tanah Abang, Jatinegara dan sebagainya. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Marunda, Sejenis Mangga Berbau Wangi”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<