Margonda, Pahlawan Perang Kemerdekaan

margonda1

JAKARTA, inibangsaku.com – Bagi Anda yang tinggal di Kota Depok tentu tidak asing dengan nama Margonda. Ya, Margonda adalah jalan raya utama penghubung kota Depok dengan DKI Jakarta.

Namun demikian tidak banyak yang tahu bahwa Margonda adalah pejuang pada era perang kemerdekaan. Margonda juga berkawan dekat dengan Ibarahim Adjien (Mantan Pangdam III Silihwangi) dan juga Kapten Muslihat.

Dikutip dari Historia.co.id sosok Margonda adalah seorang prajurit yang memimpin Angkatan Muda Republik Indonesia (AMRI). AMRI sendiri bermarkas di sekitar jalan Merdeka di Kota Bogor.

Pada 11 Oktober 1945, Margonda dan pasukan AMRI beserta para pejuang berbagai laskar dari Bogor dan sekitarnya menyerbu Depok karena kota itu tidak mau bergabung dengan Republik Indonesia. Dilepas istrinya, Maemunah, Margonda berangkat naik kereta dari stasiun Bogor.

Ribuan pemuda mengepung dan berhasil menguasai Depok. Namun, tidak lama kemudian, Sekutu datang dan merebut Depok. Para pejuang mundur untuk menyusun kekuatan. Mereka melakukan serangan balik pada 16 November 1945 dengan sandi perang Serangan Kilat.

Dalam serangan kilat untuk merebut kembali Kota Depok yang dikuasai NICA, Margonda gugur bersama dengan ratusan pejuang. Namanya bersama para pejuang lainnya yang gugur dalam berbagai pertempuran terpampang di dinding Museum Perjoangan Bogor.

Setelah Suatu waktu, para sekondan Margonda menyambangi Maemunah. Mereka menceritakan bahwa Margonda bertempur gagah berani dan tertembak. Namun, Maemunah tak pernah mempercayai cerita itu. Dia tetap sabar menanti. Maemunah kerap ke stasiun Bogor untuk mencari Margonda. Anaknya, Jopiatini yang baru bisa berjalan dibawa serta. Margonda tak kunjung datang, bahkan sampai penghujung perang pada 1949.

Beredar sasus di kalangan para pejuang di Bogor bahwa Margonda dikubur dalam satu liang lahat dengan pejuang lainnya di Kalibata, Depok. Makam itu kemudian dibongkar dan jasad Margonda dimakamkan ulang di samping stasiun Bogor –kini jadi Taman Ade Irma Suryani, dekat Taman Topi– namun, tidak diketahui pusaranya. (IB/Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Margonda, Pahlawan Perang Kemerdekaan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<