Manggarai Tempat Bermukimnya Warga Flores

manggarai1

JAKARTA, inibangsaku.com – Sejak dahulu kala Kota Jakarta sudah lama dikunjungi oleh banyak orang dari berbagai pelosok tanah air. Maka tidak mengherankan jika banyak dijumpai nama-nama di kawasan DKI Jakarta yang identik atau serupa dengan nama-nama kawasan diberbagai penjuru tanah air, sebut saja Manggarai.

Di era modern kawasan Manggarai terbagi atas dua Kelurahan. Kelurahan Manggarai Selatan dan Kelurahan Manggarai Utara.

Rachmat Ruchiat dalam bukunya yang berjudul ‘Asal-Usul Nama Tempat di Jakarta’ mengemukakan nama Manggarai kemungkinan diberikan oleh kelompok penghuni awal, yaitu orang-orang Flores barat. Mereka menamai daerah yang dihuni dengan sebutan Manggarai sesuai dengan nama tempat asal mereka di Flores Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Hal ini bertujuan sebagai pengikat kenangan pada kampung halaman yang mereka tinggalkan,” kata Rachmat dalam bukunya tersebut.

Dahulu kala sebelum pecah perang dunia kedua di kawasan Manggarai ada sebuah tarian yang dikenal dengan nama ‘Tari Lenggo’. Dalam pementasannya Tari Lenggo diiringi orkes yang terdiri dari tiga buah rebana. Seiring dengan dinamika dan perkembangan zaman Tari Lenggo kini berubah nama menjadi ‘Tari Belenggo’ dan menjadi salah satu ikon kebudayaan Betawi.

Mantan Kepala Jawatan Kebudayaan Provinsi NTT H. Abdurrahman menjelaskan jenis Tari Lenggo hingga kini masih eksis dan ditemukan di kawsan Nusa Tenggara, salah satunya di Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB). Menurutnya tidak mustahil jika Tari Belenggo Betawi mempunyai tautan erat dengan Tari Lenggo asal Flores.

Terlebih hal tersebut diperkuat dengan kehadiran orang Flores Barat yang terlebih dahulu sudah bermukim di kawasan yang kini dikenal dengan nama Manggarai. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Manggarai Tempat Bermukimnya Warga Flores”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<