M. Romahurmuziy: Elit Politik Jangan Komentari Muktamar PPP

PPP_Romi_SDA

JAKARTA, inibangsaku.com – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil Muktamar ke VIII di Surabaya, Jawa Timur, M. Romahurmuziy mengecam ucapan elit politik yang mengatakan, bahwa Muktamar yang diadakan kubu Suryadharma Ali adalah legal dan sah secara hukum.

Menurut Romi, para elit politik tidak mempunyai kapasitas dalam hal tersebut. Bahkan Romi menuding sejumlah elit politik partai lain yang turut hadir dalam Muktamar tidak memahami Undang-Undang partai politik.

“Komentar petinggi parpol lain offside,” kata Romi di Jakarta, Jumat (31/10).

Mantan aktivis PMII menambahkan,komentar para petinggi parpol tersebut melanggar ketentuan pasal 12 huruf c UU 2/2008 yaitu hak parpol adalah mengatur dan mengurus rumah tangga sendiri.

“Pernyataan mereka yang menyoal keabsahan sebuah muktamar PPP adalah offside serta tidak menjunjung etika pergaulan parpol. Atas nama undang-undang, kami meminta agar mereka urus rumah tangganya sendiri, bukan rumah tangga orang,” tambah Romi menegaskan.

Masih kata Romi yang juga mantan staff khusus Suryadharma Ali ucapan para elit politik partai politik lain tentang pengesahan hasil Muktamar PPP di Surabaya tidak mempunyai landasan hukum adalah mengada-ada. Sebab yang berhak menentukan sah tidaknya sebuah perubahan kepengurusan, menurut undang-undang, bukan elit parpol lain, melainkan menteri yang kewenangannya sudah diatribusikan oleh undang-undang dalam hal ini Menkumham RI.

“Kesemua intervensi parpol lain bisa terjadi, karena memang diundang resmi oleh ‘Ketua Umum’nya sendiri. Tidak pernah dalam sejarah 41 tahun PPP, petinggi parpol lain diberi kesempatan bicara di muktamar. Tapi di ‘muktamar’ Sahid, itu terjadi. “PPP for sale” mungkin itu yang lebih tepat menggambarkan gaya SDA menjual PPP secara menyedihkan,” demikian Romi.

Sekedar kilas balik dalam Muktamar hari pertama sejumlah elit politik turut hadir, di antaranya adalah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Prabowo mengatakan bahwa Muktamar PPP yang diadakan kubu SDA di Jakarta adalah sah dan legal secara hukum.

“Kita negara hukum, kita sudah yakin bahwa, muktamar kedelapan ini yang diadakan di Jakarta adalah sah menurut AD/ART dan menurut Undang-undang,” kata Prabowo usai menghadiri Muktamar, di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (30/10). (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “M. Romahurmuziy: Elit Politik Jangan Komentari Muktamar PPP”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<