Liang Bua, Rumah Homo floresiensis

Foto: sciencenews
Foto: sciencenews

Liang Bua diyakini sebagai rumah bagi Homo floresiensis yang ditemukan dalam bentuk fosil di tahun 2003. Liang Bua berada di Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Porpinsi Nusa Tenggara Timur. Dari bebatuan yang ada di gua itu, pakar geologi menyebutkan bahwa batu gamping yang ada berasal dari bentukan 15 juta tahun yang lalu.

Th. Verhoeven, seorang pendeta Katholik sempat menjadikan gua ini sebagai ruang kelas untuk mengajar bagi penduduk-penduduk di sekitarnya di tahun 1950. Dari pengamatannya selama melakukan aktivitas mengajarnya, ia memperhatikan lingkungan gua itu tidak lazim. Kemudian Verhoeven di tahun 1965 melakukan penggalian di dalam gua. Ia menemukan berbagai temuan yang mengejutkan, seperti gerabah, rangka manusia, periuk, logam dan berbagai tulang hewan.

Dari penggaliannya itu Verhoeven melaporkan ke Pusat Penelitian Purbakala dan Peninggalan Nasional (Pus P3N). Kemudian Pusat Penelitian Arkeologi Nasional perubahan dari PusP3N itu, melakukan penggalian sejak tahun 1976 sampai sekarang. Badan itu kemudian menyatakan bahwa goa tersebut sempat menjadi pusat kehidupan manusia sejak awal epipaleotik atau sekitar 10 ribu tahun yang lalu.

Homo sapiens adalah temuan oleh Verhoeven yang ada di Liang Bua, Liang Momer dan beberapa liang lainnya. Setelah Verhoeven, pakar antropologi ragawi, A.A. Sukadana, penggalian di tahun 1960-an, menemukan rahan bawah manusia. Kemudian Prof. R. Panji Soejono, penggalian tahun 1978-1989, tulang paha manusia di Liang Bua.

Temuan ini tersimpan di Leiden, London, Yogyakarta, Jakarta dan Flores. Setelah kosong beberapa tahum, kemudian Puslit Arkenas di bawah R.P. Soejono, bekerjasama dengan Universitas New England, Australia kembali melakukan ekskavasi. Menurut Prof. Dr. R.P. Soejono, Liang Bua bisa jadi pada masanya menjadi bengkel pembuatan peralatan batu, rumah dan tempat penguburan.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Liang Bua, Rumah Homo floresiensis”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<