KRI RE Martadinata 331 Siap Kawal Perairan Nusantara

Foto: indo-militer
Foto: indo-militer

Bulan Januari 2017 angkatan laut akan menerima kapal terbaru SIGMA Class 10514 yang diberi nama KRI Raden Eddy (RE) Martadinata. Kapal ini masuk dalam kategori Perusak Kawal Rudal (PKR) yang menjadi bagian pada Satuan Kapal Eskorta (Satkor) TNI AL.

Kapal yang memiliki nomor labung 331 ini, merupakan kerjasama Dutch Shipbuilder Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) dan PT PAL Surabaya. KRI RE Martadinata ini sudah diluncurkan dari galangannya pada awal tahun 2016, kemudian melakukan serangkaian uji coba yang dipersyaratkan oleh angkatan laut, seperti manuver, kecepatan dan beberapa lainnya.

Kapal perusak ini dilengkapi dengan kanon reaksi cepat OTO Melara 76 mm, rudal anti kapal MM40 Exocet Block II, peluncur topedo B515, kanon CIWS Oerlikon Millenium 35 mm, peluncur anti serangan udara VL-Mica. Termasuk pula di dalamnya adalah Tacticos yang merupakan sistem manajemen kombat.

Kapal ini memiliki bobot mati 2400 ton, panjang 105 meter dan ,lebar 14 meter yang diawaki oleh lebih kurang 120 personil. Kemudian flight decknya mampu menahan beban helikopter berbobot 10 ton. Kecepatan kapal ini mencapai 28 knot maksimum, jarak tempuhnya mencapai 5 ribu nautical miles atau 9260 km dengan kecepatan 14 knot.

Sekedar info, setelah KRI RE Martadinata ini, PT PAL tengah menggarap kapal sejenis yang akan diberi nama KRI I Gusti Ngurah Rai. Kedua kapal ini menggantikan kapal dengan nama sejenis yang sudah pensiun.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “KRI RE Martadinata 331 Siap Kawal Perairan Nusantara”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<