KPU Koordinasi dengan Lembaga Terkait Pilkada

kpu3a

JAKARTA, inibangsaku.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) merencanakan menggelar rapat koordinasi dengan jajaran kementerian/lembaga (K/L) pemangku kepentingan pemilihan kepala daerah (pilkada) pekan depan. Rapat tersebut penting digelar menyusul beberapa perubahan regulasi pilkada dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.

“Minggu depan, kami merencanakan pertemuan dengan instansi lain yang terkait dengan pilkada,” ujar Komisioner KPU Juri Ardiantoro di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (4/11).

Mantan komisioner KPU DKI Jakarta menambahkan pihaknya akan memprioritaskan rapat koordinasi dengan K/L yang materi pembahasannya lebih mendesak. Di antaranya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kesatuan Bangsa dan Politik dan Ditjen Otonomi Daerah Kementeroan Dalam Negeri (Kemendagri), Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan.

Selain itu, lanjut Juri, KPU juga akan berkoordinasi dengan Mahkamah Agung (MA). Rapat koordinasi dengan lembaga peradilan itu akan membahas sengketa hasil pilkada.

Berdasarkan Perppu 1/2014, sengketa hasil pilkada tidak lagi ditangani Mahkamah Konstitusi. Sengketa hasil pilkada diadili pengadilan tinggi daerah setempat.

Sekedar informasi sebanyak 188 daerah yang terdiri dari tujuh provinsi dan 181 kabupaten/kota akan menggelar pilkada pada 2015 mendatang. Pemungutan suara di 188 daerah itu akan digelar serentak seperti perintah Perppu 1/2014. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “KPU Koordinasi dengan Lembaga Terkait Pilkada”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<