KPU: Bukan Urusan Mudah dengan E-Voting

kpu1-logo

JAKARTA, inibangsaku.com – Persoalan penggunaan teknologi informasi dalam ajang pemilihan kepala daerah pada tahun 2015 mendatang terus mengemuka.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu Hadar Nafis Gumay mengatakan bukan perkara mudah untuk menerapkan penggunaan teknologi informasi, termasuk pemungutan suara secara elektronik (e-voting) dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015.

“Untuk bisa memastikan kita ini siap bisa menggunakan teknologi informasi dalam pilkada dengan tanpa ada dampak atau permasalahan yang timbul, kita perlu mengkajinya dulu dengan baik. Kalau tidak ada kajian yang betul-betul lengkap, komprehensif, terstruktur, tidak bisa disimpulkan bisa atau tidak menggunakan teknologi informasi,” kata Hadar dalam sebuah diskusi publik dikantor KPU, Jakarta, Jumat (7/11).

Mantan penggiat demokrasi yang dulu tergabung dalam organisasi Center For Electoral Reform (Cetro) menambahkan
sebagai penyelenggara pemilu, KPU memang diberi otoritas untuk ikut menyiapkan penyelenggaraan pilkada.

Namun demikian untuk menerapkan E-Voting memerlukan kajian mendalam.
Selain itu, kajian juga untuk mengetahui apa dampak dan permasalahan yang dapat ditimbulkan mekanisme tersebut.

“Tim kajian akan melibatkan semua pemangku kepentingan terkait pemilu dan penerapan teknologi. Di antaranya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Kelompok masyarakat sipil pemantau pemilu,” demikian Hadar.

Sekedar informasi dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota pasal 85 mengatur, pemungutan suara dalam pilkada dapat dilakukan secara elektronik. Pasal 98 perppu tersebut mengatur, jika pemungutan suara dilakukan secara elektronik, penghitungan suara dilakukan secara manual dan/atau elektronik. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “KPU: Bukan Urusan Mudah dengan E-Voting”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<