Kopi Indonesia, Kopi Dunia

Foto: sumatran
Foto: sumatran

Tak pelak Indonesia memainkan peran penting dalam pasar kopi internasional. Tak mngherankan bila posisi kopi Indonesia sangat diperhitungkan, bahkan jauh melintas abad-abad ke belakang. Belanda yang pertama kali membawa kopi ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa. Tanaman kopi yang dibawa berasal dari Yaman. Di tahun 1719, Belanda berhasil membanjiri pasar kopi Eropa dengan kopi Java, kemudian disusul dengan kopi Sumatra. Dua jenis kopi ini kemudian memainkan peran penting dalam sejarah kopi dunia.

Belanda membawa kopi ke pulau Jawa di tahun 1696 melalui Batavia. Kemudian VOC pun membuat perkebunan di Batavia, Sukabumi dan Bogor. Lantas menyebar ke Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan sebagian pulau Sumatera dan Sulawesi. Jenis kopi yang ditanam pada waktu adalah Arabika dan mulai ditanam pertama kali di tahun 1750. Sedangkan di Sumaatera bagian utara dekat danau Toba ditanam di tahun 1888 dan dataran tinggi Gayo dekat danau Tawar di tahun 1924. Ada beberapa jenis kopi Indonesia yang tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Sedangkan kopi Luwak adalah salah satu varian yang hanya ada di Indonesia.

Di tahun 2014 Indonesia menjadi salah satu dari tiga produser kopi terbesar di dunia dengan nilai 750 ribu metrik ton kopi. Untuk kebutuhan dalam negeri saja sudah terserap 154 ribu metrik ton kopi. Dari jumlah yang diekspor itu 25% merupakan jenis biji kopi Arabika terbaik. Menjadi pemasok khusus kopi Arabika ke pasar dunia membuat kopi Indonesia sangat diterima di pasar. Indonesia menjadi negara pengekspor kedua terbesar yang mengkhususkan pada kopi Arabika dengan jumlah 150 ribu ton per tahun.

Sejak pertama kali masuk ke Indonesia, kopi Arabika Indonesia sudah ada lebih dari 100 varietas. Seperti Sumatera Lintong, Sumatera Kerinci, Sumatera Solok Minang, Jawa Preanger, Jawa Ijen Raung, Jawa Estate, Sulawesi Toraja atau Papua Wamena. Kehadiran kopi Arabika pada The Athens of the South tahun 2016 di Atlanta, merupakan bentuk pengakuan dunia internasional. Indonesia sudah sangat menguasai penanaman, panen sampai pengolahan kopi siap dinikmati yang sesuai dengan standar dan aturan internasional.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kopi Indonesia, Kopi Dunia”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<