Komitmen Faisal Basri Berantas Mafia Migas diragukan

Faisal-Basri

JAKARTA, inibangsaku.com – Faisal Basri yang juga bekas kandidat Gubernur DKI Jakarta dari jalur independen secara resmi dilantik sebagai Ketua Komite  Reformasi Tata Kelola Migas (KRTKM). 

Faisal Basri dilantik langsung oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Salah satu tugas yang diemban Faisal adalah memberantas mafia minyak dan gas (migas). 

Direktur Eksekutif Komisi Kebijakan Publik, Rusmin Effendy mengaku pesimis dengan kinerja dan performa Faisal dalam memimpin KRTKM. Ia yakin Faisal tidak akan mampu memberantas mafia migas. 

“Saya meragukan kapasitas dan kredibilitas mereka, karena pekerjaan memberantas mafia migas bukan tugas yang ringan,” sebut Rusmin kepada wartawan, belum lama ini di Jakarta. 

Rusmin mengaku sejak awal dirinya mempertanyakan pembentukan KRTKM tersebut. Dia bahkan menduga KRTKM hanya akan menjadi lembaga formal untuk melegalkan mafia migas. 

“Kalau tujuannya ingin memberantas mafia migas bukan hanya menyangkut Petral, tapi juga mafia migas yang ada di dalam negeri. Kan bukan rahasia umum lagi siapa yang selama ini bermain di bisnis migas dan dikenal sebagai mafia migas,” paparnya.

Rusmin juga menyoroti masuknya beberapa nama sebagai anggota tim KRTKM yang merupakan titipan Ari Soemarno. Sebut saja nama Daniel Purba yang sangat erat hubungannya dengan Ari Soemarno. 

Rusmin meminta Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK) serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terlebih dahulu mengaudit kekayaan Daniel Purba sebelum ditunjuk sebagai anggota reformasi migas. 

“Buktikan dia bersih terlebih dahulu sebelum membersihkan sektor migas,” katanya menegaskan. (IB/Bahaudin Marcopolo)

You may also like...

0 thoughts on “Komitmen Faisal Basri Berantas Mafia Migas diragukan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<