Klapeertart

ib

IniBangsaku – Orang-orang mengenal Klappertaart sebagai kue khas dari Manado. Padahal sebenarnya, kue ini merupakan kuliner peninggalan zaman kolonial. Orang Belanda memperkenalkan kue ini kepada masyarakat Manado pada zaman penjajahan. Kue ini terbuat dari bahan dasar kelapa, tepung, susu, mentega, dan telur, serta penambahan aroma rum.

Klappertaart bisa diolah dengan berbagai cara. Dipanggang, untuk mendapatkan kue dalam bentuk padat sehingga bisa dipotong seperti kue tar pada umumnya. Kalau tidak dipanggang, Klappertaart akan memiliki tekstur yang lembut. Klappertaart jenis ini paling enak disantap dalam keadaan dingin dan memang tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar lemari es karena rasanya akan berubah menjadi asam.

Kandungan kalori pada kue ini lumayan tinggi. Tetapi untuk mengurangi jumlah kalorinya, beberapa jenis klappertaart sengaja dibuat dengan menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi, serta pemanis rendah kalori untuk menggantikan susu dan gula.

Biasanya, kue ini dijual juga di restoran-restoran yang menyediakan menu masakan Manado, dengan harga Rp 15.000 per satuan. ( ary )

sumber : indonesiakaya.com

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Klapeertart”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<